Bukan Pindad! Inilah Kisah Pabrik Senjata Pertama...

Bukan Pindad! Inilah Kisah Pabrik Senjata Pertama...
PT PAL di Ujung, Surabaya. Dari bekas galangan kapal terbesar di Asia ini, perkakas dan ahli-ahli didatangkan untuk mendirikan pabrik senjata pertama milik angkatan perang Indonesia. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - BANYAK orang mengira Pindad adalah pabrik senjata pertama milik Indonesia. Padahal tidak! 

-------
Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network
-------

Affandi bergerak cepat. Dia memerintahkan anggota PAL mengeluarkan barang-barang di Ujung. Mulai dari pakaian, makanan, onderdil, dan terutama senjata.

“9000 anggota PAL digerakkan Pak Affandi,” kata Ing Wibisono, sebagaimana dilansir dari dokumen arsip sejarah PAL, Dinas Penerangan Angkatan Laut Republik Indonesia.

PAL singkatan dari Penataran Angkatan Laut. Organisasi ini didirikan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh bekas pekerja galangan kapal terbesar di Asia, yang berlokasi di Ujung, Surabaya. 

Sekadar mengingatkan, galangan kapal ini dirintis oleh Gubernur Jendral Van Der Capellen (1778-1848) sejak 1822 dan diresmikan pada 1939 dengan nama Marine Establishment (ME). Semasa pendudukan Jepang namanya berganti Nagamatsu Butai dan lalu Kaigunse 21-24 Butai.

Pak RT PAL

Ing Wibisono yang ketika itu menjabat kepala perlengkapan dan pergudangan PAL menceritakan, “Pak Affandi memang memerintahkan mengeluarkan barang. Semua barang-barang ini harus diselamatkan. Mulai dari mesin tulis sampai alat-alat berat kita keluarkan. Begitu perintahnya.”

BANYAK orang mengira Pindad adalah pabrik senjata pertama milik Indonesia. Padahal tidak!  ------- Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News