Bukan Prabowo, Tokoh Terpopuler Pemilu 2019 di Twitter Ada Jokowi dan Sandiaga Uno

Bukan Prabowo, Tokoh Terpopuler Pemilu 2019 di Twitter Ada Jokowi dan Sandiaga Uno
Paslon 01, Jokowi dan Paslon 02, Prabowo - Sandi. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bukan Prabowo Subianto yang menjadi tokoh terpopuler Pemilu 2019 di Twitter, tetapi Joko Widodo dan Sandiaga Uno.

Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil studi Center for Digital Society (CfDS) Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM).

BACA JUGA: Twitter Jadi Aplikasi Paling Disukai Menyebar Konten Pornografi

"Hasil tersebut kami ambil dari data cuitan periode tanggal 17 Januari (debat capres-cawapres pertama dilakukan) hingga 16 Mei 2019," ungkap peneliti CfDS, Iradat Wirid, saat acara diskusi '10 Tokoh Politik Paling Populer selama Pemilu 2019' di Jakarta.

Metodologi pengambilan tweets sendiri dilakukan dengan membagi piak-pihak yang terlibat di pemilu menjadi delapan kelompok.

"Di antaranya, kelompok calon presiden, wakil presiden, komisioner KPU, pimpinan tim sukses dan lainnya yang memiliki akun Twitter. Kemudian dilihat engagement tweet mereka," jelas Iradat.

Dalam periode penelitian tersebut, akun Twitter Jokowi tercatat nge-tweet 345 kali, di-retweet 1.25 juta dan di-like 5.11 juta akun. Sementara akun Sandiaga Uno nge-tweet 1.276 kali, di-retweet 977.143 kali dan di-like 4.72 juta akun. (mg8/jpnn)

Berikut 10 tokoh terpopuler Pemilu 2019 di Twitter:

Bukan Prabowo Subianto yang menjadi tokoh terpopuler Pemilu 2019 di Twitter, tetapi Joko Widodo (Jokowi) dan Sandiaga Uno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News