Bukan Tak Mungkin Prabowo 'Terpaksa' Mengajukan Anies Capres

Bukan Tak Mungkin Prabowo 'Terpaksa' Mengajukan Anies Capres
Prabowo Subianto, Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago melihat kecenderungan peta koalisi partai politik oposisi di Pilpres 2019 masih semu.

Bahkan antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Gerindra yang kerap dipersepsikan publik bakal berkoalisi, belum menemukan kata sepakat terkait paket pasangan calon presiden yang nantinya diusung untuk menghadapi Joko Widodo.

"Melihat fakta yang ada, saya kira faktor-faktor kecil bisa memengaruhi langkah politik kedua partai. Misalnya langkah Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi beralih mendukung Jokowi, bisa merusak soliditas koalisi poros Prabowo," ujar Pangi kepada JPNN, Rabu (11/7).

Ekstremnya, kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini, PKS bakal mengkalkulasi, mengevaluasi dan menghitung ulang dukungan terhadap Prabowo.

"Kecuali, Prabowo misalnya mengambil cawapres dari sembilan nama yang sebelumnya disodorkan PKS," katanya.

Pangi khawatir, sikap Prabowo yang terkesan sampai saat ini menggantung nama cawapres membuat PKS memilih opsi lain.

"Tapi bukan mustahil juga, justru Prabowo yang banting setir kembali ke skema awal. Yaitu menjadi king maker dan dengan 'terpaksa' memasang Anies maju pada Pilpres 2019. Semua kemungkinan masih cair," pungkas Pangi. (gir/jpnn)


Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago melihat kecenderungan peta koalisi partai politik oposisi di Pilpres 2019 masih semu termasuk soal pencapresan Prabowo.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News