Bukit Soeharto Dibakar ?

Bukit Soeharto Dibakar ?
Bukit Soeharto Dibakar ?

SAMARINDA-
Permasalahan di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto sepertinya tak pernah berhenti dari sorotan masyarakat. Selain persoalan tambang ilegal, keberadaan pemukiman penduduk yang mengepung hutan konservasi ini juga menjadi persoalan yang tak kunjung beres.

Belum lagi kebakaran lahan yang kerap melanda hutan yang berada di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) dan dibelah jalan poros Samarinda-Balikpapan itu. Seperti yang terjadi Rabu (23/9) malam lalu sekitar pukul 20.30 Wita, sebagian lahan Tahura hangus terbakar. Khususnya di sekitar Km 45 Samarinda-Balikpapan.

Ini bukannya tanpa alasan. Rencana pennggusuran beberapa pemukiman yang berada di kawasan yang luasnya mencapai 6 ribu hektare ini dituding menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran. Hal itu dikatakan Kepala UPTD Pembinaan dan Pelestarian Alama (PPA) Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim, Wahyu Widhi Heranata.

 

"Ada kemungkinan kebakaran hutan yang terjadi disengaja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab atas rencana penertiban bangunan liar di Tahura," ujar Didit, sapaan akrab Wahyu Widhi Heranata.

SAMARINDA- Permasalahan di kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto sepertinya tak pernah berhenti dari sorotan masyarakat. Selain persoalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News