Bukopin Bidik Kredit Rp 36 Triliun

Bukopin Bidik Kredit Rp 36 Triliun
Bukopin Bidik Kredit Rp 36 Triliun
JAKARTA - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) membidik penyaluran kredit sepanjang tahun 2011 sebesar Rp 36 triliun atau naik sekitar 20 persen dari total kredit disalurkan tahun lalu. Dalam rangka memperkuat modal, perseroan juga memangkas porsi dividen menjadi 35 persen.

"Dengan melihat potensi yang ada, secara umum kami menginginkan kredit tumbuh sekitar 20 sampai 30 persen. Ya sekitar Rp 36 triliun lah," kata Direktur Utama Bukopin Glen Glenardi, setelah Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta kemarin. Untuk mengejar target pertumbuhan tersebut, menurut Glen, pihaknya akan lebih memfokuskan bisnis perseroan untuk mengembangkan segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta koperasi sebagai sektor bisnis utama.

Dari total penyaluran kredit tahun lalu sebesar Rp 30,1 triliun, porsi yang disalurkan bagi UMKM mencapai lebih dari setengahnya atau Rp16,7 triliun. Bahkan, kata Glen, untuk lebih fokus lagi pihaknya sudah membagi dua kelas UMKM menjadi UKM dan Mikro. "Ke depan, kami yakin akan lebih baik lagi untuk pembiayaan di sektor ini. Tahun lalu, secara total portofolio mencapai 54 persen (dari total penyaluran kredit). Ke depan, kita tidak akan mengubah ini," ujarnya.

Sepanjang 2010, Bukopin mampu membukukan laba bersih sebesar Rp 493 miliar. Pencapaian tersebut meningkat 36 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 362 miliar.Pertumbuhan tersebut, kata Glen, diperoleh dari positifnya beberapa kinerja terutama dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tumbuh 30 persen dari Rp 31,9 triliun di 2009 menjadi Rp 41,4 triliun di 2010.

JAKARTA - PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) membidik penyaluran kredit sepanjang tahun 2011 sebesar Rp 36 triliun atau naik sekitar 20 persen dari total

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News