Buku Negara dan Politik Kesejahteraan Gus AMI Dapat Apresiasi

Buku Negara dan Politik Kesejahteraan Gus AMI Dapat Apresiasi
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus AMI. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Buku terbaru Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI yang berjudul "Negara dan Politik Kesejahteraan" mendapat apresiasi dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institute Pertanian Bogor (IPB), Nunung Nuryantono.

Menurut Nunung, ada tiga aspek penting yang dibahas Gus AMI dalam buku tersebut.

Pertama, memaknai negara dan politik kesejahteraan.

Kedua, inklusif growth, pro poor growth, dan welfare state.

Ketiga, orkestrasi pembangunan pertanian.

Nunung menilai buku ini menarik karena Gus AMI lebih memilih sektor pertanian dalam mewujudkan politik kesejahteraan, lalu pendidikan bukan kesehatan. Ketika berbicara ekonomi kerakyatan itu UMKM, bukan yang lain.

“Saya mencoba melihat benang merahnya. Tadi Pak Rektor sudah menyampaikan, Gus AMI menyampaikan bahwa hidup matinya bangsa ini dari pertanian. Kalau enggak bisa memenuhi kebutuhan 280 juta penduduk maka negara akan kolaps,” kata Nunung saat membedah buku Gus AMI di kampus IPB, Sabtu (3/4).

Karena itu, lanjut Nunung, frame works yang dibangun Gus AMI dalam buku tersebut sangat tepat. Yaitu saat mengangkat pertanian sebagai sektor menyangkut hajat dan kepentingan orang banyak.

Buku Gus AMI dianggap menarik salah satunya karena lebih memilih sektor pertanian dalam mewujudkan politik kesejahteraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News