Bulan ini, Bandara Silangit Layani Penerbangan Internasional

Bulan ini, Bandara Silangit Layani Penerbangan Internasional
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan Bandara Silangit menjadi bandara internasional. Foto: newtapanuli/jpg

jpnn.com, SILANGIT - Bandara Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, akan resmi melayani penerbangan rute internasional bulan ini.

"Dengan status Bandara Internasional ini diharapkan jumlah wisatawan yang mengunjungi danau Toba melalui bandara Silangit akan semakin bertambah", ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso.

Rencananya Oktober ini peresmian rute internasional akan dibarengi dengan peresmian terminal baru yang megah dengan Runway sepanjang 2.650m X 45 m yang akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Yang tadinya bandara untuk penerbangan perintis bersubsidi, sekarang memperoleh lompatan ke bandara umum internasional dengan selling point wisata keindahan alam Danau Toba," kata Agus.

Agus mengatakan, Presiden Jokowi tahun lalu telah memerintahkan agar Garuda menerbangi rute commercial nonsubsidi dari dan ke bandara ini.

Saat itu hanya diterbangi penerbangan perintis bersubsidi dengan penumpang yang hanya 12 sampai 24 orang sekali angkut dengan pesawat kecil.

"Namun, saat ini di luar dugaan penumpang tujuan Silangit semakin meningkat," tutur Agus.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa maskapai penerbangan yang telah melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit yakni maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air.

Dengan status bandara Internasional, diharapkan jumlah wisatawan yang mengunjungi danau Toba melalui Bandara Silangit akan semakin bertambah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News