Bulog Ditunjuk Impor Low Sugar 350 Ribu Ton

Bulog Ditunjuk Impor Low Sugar 350 Ribu Ton
Bulog Ditunjuk Impor Low Sugar 350 Ribu Ton

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menunjuk Perum Bulog untuk melakukan impor low sugar tahun depan. Langkah impor ini diambil untuk membantu pemerintah mengantisipasi kekurangan gula.

"Bulog sudah dapat penunjukan dari Kemendag untuk mengimpor low sugar yang nanti Bulog akan menyalurkan itu. Dengan demikian kebocaran low sugar di pasar bebas itu bisa lebih dikendalikan," ucap Menteri BUMN Dahlan Iskan usai mengelar rapat pimpinan (Rapim) di Gedung Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Kamis (12/13).

Lalu berapa banyak jumlah gula yang bakal diimpor? "Jumlahnya baru 350 ribu ton untuk tahun depan," sebut mantan Dirut PLN itu.

Kebutuhan industri makanan minuman yang tidak sebesar alokasi impor gula rafinasi rawan kebocoran.
Sepanjang 2012, rembesan gula rafinasi mencapai 250 ribu ton. Sementara 2013, disinyalir rembesannya meningkat mencapai 350 ribu ton oleh tiga perusahaan yang izinnya mengolah tebu kemudian berubah menjadi impor gula rafinasi. Akibat rembesan itu, gula kristal putih (GKP) dari petani lokal tidak terserap optimal.

Komite Pembinaan Organisasi, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Tri Wibowo Susilo, menegaskan bahwa gula rafinasi diperuntukkan industri. Adanya rembesan dikarenakan selama ini kurangnya instrumen pengawasan dari pemerintah.

Merembesnya gula rafinasi berbuntut aksi demo yang dilakukan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) di depan kantor Kementerian Perdagangan. Para petani tebu menyayangkan izin impor gula rafinasi yang terus-menerus diberikan kementerian terkait.

Menanggapi hal itu Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan bahwa pemerintah saat ini tengah berkomitmen membereskan persoalan bocornya gula rafinasi ke pasar konsumsi.

"Kita akan tindak lanjuti. Kita minta buktinya kalaupun itu benar terjadi. Kita akan bijaksana menyelesaikan masalah ini," kata Gita beberapa waktu lalu. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menunjuk Perum Bulog untuk melakukan impor low sugar tahun depan. Langkah impor ini diambil untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News