Boediono Minta PT Askes Siapkan Sistem Antihacker

Demi Lindungi Peserta BPJS

Boediono Minta PT Askes Siapkan Sistem Antihacker
Boediono Minta PT Askes Siapkan Sistem Antihacker

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Boediono meminta PT Askes yang nantinya bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan mempersiapkan sistem informasi dan teknologi antihacker. Keamanan tersebut diperlukan untuk mengamankan data peserta BPJS agar tidak disalahgunakan.

Hal itu disampaikan oleh Boediono saat meninjau persiapan pelaksanaan BPJS kesehatan yang akan mulai dilaksanakan 1 Januari tahun depan. Dalam kunjungan Rabu (11/12) itu, Boediono terlihat didampingi oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dan Direktur Utama PT Askes Fahmi Idris.

"Harus dipikirkan semacam sistem yang menjaga security. Misal data rusak karena serangan hacker," kata Boediono usai meninjau kesiapan pelaksanaan BPJS kesehatan di kantor PT Askes.

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menilai sejauh ini PT Askes telah cukup mampu untuk menciptakan sistem yang canggih dan terproteksi. Termasuk di dalamnya kemampuan Askes untuk menyediakan tenaga ahli. Ia pun mengaku puas dengan segala persiapan yang telah dilakukan Askes.

Kendati demikian, ia tetap menekankan pentingnya sistem anti hacker pada BPJS kesehatan nanti. "Saya yakin Askes punya sistem dan tenaga ahlinya. Tetapi intinya sistem ini adalah nyawa dari program, kalau ada gangguan sedikit saja, bisa macet semua programnya," ujar Boediono.

Menjawab tantangan tersebut, Dirut Askes Fahmi Idris mengungkapkan bahwa saat ini PT Askes telah menyiapkan sistem informasi manajemen (SIM) BPJS Kesehatan. Di dalam sistem informasi itu, telah disiapkan empat komponen. yaitu  Sistem Aplikasi, infrastruktur dan Jaringan Komunikasi Data, menejemen database, serta operasional/SDM.

Fahmi juga mengungkapkan bahwa PT Askes telah melakukan berbagai persiapan dalam transformasinya menjadi BPJS kesehatan tahun depan. Di antaranya, melakukan kerjasama pengalihan program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) Jamsostek, TNI Polri dan Program Jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas).

"Proses pengalihan data dari ketiga sumber tersebut sampai kini terus berproses hingga akhir 2013 dan diharapkan bisa siap digunakan awal Januari 2014," tutur Fahmi.

JAKARTA - Wakil Presiden Boediono meminta PT Askes yang nantinya bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan mempersiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News