Bulu Macan yang Menggegerkan dan Menambah Wibawa

Bulu Macan yang Menggegerkan dan Menambah Wibawa
Bulu macan yang tak diragukan lagi keindahannya. FOTO: M Ali dan Frizal/JAWA POS

jpnn.com - PAMOR batu akik bulu macan semakin melejit. Sebab, batu akik yang berasal dari sekitar wilayah Lumajang, Jawa Timur, itu termasuk langka dan unik. Keindahannya pun menggegerkan dunia akik dan disebut-sebut bisa menambah kesan tangguh serta wibawa pemakainya.

Ada beberapa faktor yang menjadikan batu akik bulu macan Lumajang lebih istimewa jika dibandingkan dengan batuan lainnya seperti batu bacan, pancawarna, dan black opal lain-lain. Corak dan motif yang menyerupai bulu macan memberikan kesan tangguh dan berwibawa kepada pemakainya. 

"Keunikannya dari sudut pandangnya yang tiga dimensi. Jadi, dilihat dari sisi atas, bawah, kanan samping, bulunya seperti bergerak-gerak di dalam air. Efek holografisnya tidak dimiliki batu akik lain. Bahkan, tidak ada batu dari negara lain yang seperti ini," ujar Anang Musdianto, pemilik Anank Man Gemstone dari Lumajang, kemarin (11/10).

Dia menilai setiap batu memiliki corak dan motif yang berbeda. Namun, batu-batu seperti bacan kelas super biasanya memiliki corak dan motif yang sama. 

Sementara itu, untuk batu bulu macan kelas super, corak dan motifnya pasti berbeda. "Setiap batu bulu macan itu only one in the world. Enggak ada yang sama," katanya.

Batu bulu macan berwarna cokelat muda keemasan dengan sedikit variasi kehitam-hitaman. Bahkan, ada yang bermotif serat loreng seperti bulu macan loreng. Corak batu bulu macan Lumajang itu sangat mirip dengan batu bulu monyet. Tapi, Anang menilai perbedaannya cukup mencolok. "Kalau bulu monyet, tidak bisa tiga dimensi," tuturnya.

Artinya, batu bulu monyet tidak bisa memberikan efek holografis seolah bulunya bergerak-gerak tertiup angin seperti halnya bulu macan. 

Dari sisi warna, bulu macan identik dengan cokelat keemasan, sedangkan bulu monyet kehijau-hijauan. "Batu bulu macan tidak bisa ditemukan di tempat lain, kecuali Lumajang," tegasnya.

PAMOR batu akik bulu macan semakin melejit. Sebab, batu akik yang berasal dari sekitar wilayah Lumajang, Jawa Timur, itu termasuk langka dan unik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News