BUMN Turunkan Setoran Dividen

BUMN Turunkan Setoran Dividen
BUMN Turunkan Setoran Dividen

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian BUMN berencana menurunkan setoran dividen tahun buku 2013. Penurunan setoran dividen itu karena kinerja keuangan dua perusahaan BUMN, yakni PT PLN Persero dan PT Freeport Indonesia tidak mencapai RKAP 2013. 

"PLN karena kurs jadi rugi. Freeport sudah beberapa tahun lalu tidak setor dividen dan yang lain juga butuh investasi," beber Wakil Menteri BUMN Mahmuddin Yasin usai Rapim BUMN di Pertamina Pusat, Jakarta, Kamis (10/4).

Karenanya untuk tahun 2014, pihaknya akan menurunkan target dividen dari target Rp 40 triliun. "Kami hanya bisa memenuhi dividen berkisar Rp 37,5-38,5 triliun dari target. Ini dividen tahun buku 2013 yang akan dibayarkan dalam APBN 2014. Jadi nanti ada APBN Perubahan," terang dia.

Untuk selanjutnya, Kementerian BUMN akan membahas usulan penurunan dividen tersebut pada Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. 

Sebelumnya, target dividen BUMN 2014 lebih tinggi dibanding setoran dividen dalam APBN 2013 yang ditetapkan, yakni Rp 36,5 triliun. Sedangkan pada 2013, laba BUMN tercatat sebesar Rp 150,7 triliun. Angka ini lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan capaian tahun sebelumnya Rp 150 triliun. (chi/jpnn)

Berita Selanjutnya:
Pemilu Aman, Rupiah Menguat

JAKARTA - Kementerian BUMN berencana menurunkan setoran dividen tahun buku 2013. Penurunan setoran dividen itu karena kinerja keuangan dua perusahaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News