Bunda, Ini Waktu yang Tepat untuk Memijat Bayi

Bunda, Ini Waktu yang Tepat untuk Memijat Bayi
Ketua Perkumpulan Pelatih Pijat Bayi Indonesia (PERPIBI) Tiur Hutagalung saat mencontohkan cara pemijatan kepada bayi.Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kegiatan memijat bayi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar berat badan dan nafsu makan si kecil dapat meningkat.

Pijatan pada buah hati secara rutin juga memiliki manfaat yang baik terhadap tumbuh kembang sang anak.

Ketua Perkumpulan Pelatih Pijat Bayi Indonesia (PERPIBI) Tiur Hutagalung mengatakan orang tua harus lebih mengenal dan memahami bagaimana kondisi bayi.

"Jadi, orang tua tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemijatan. Jangan melakukan pemijatan di saat yang kurang tepat, sebab dikhawatirkan akan menimbulkan trauma dan penolakan oleh si bayi," ujar Tiur dalam seminar pijat bayi dan re-launching PERPIBI, Minggu (19/6).

Tiur menjelaskan pemijatan dilakukan saat bayi benar-benar dalam kondisi tersadar penuh dan mood happy.

Jangan melakukan pemijatan di saat bayi menangis, mengantuk, lapar apalagi saat tidur.

Tiur menyarankan agar orang tua untuk melakukan pijatan rutin secara terus menerus, selama pijatan yang diberikan oleh ibu dan ayah dapat membuat bayi merasa nyaman.

"Waktu yang tepat semua bayi pasti berbeda karena waktu yang tepat pijat bayi ialah saat quite alert atau bayi terbangun dalam keadaan tersadar penuh," ungkapnya.

Kegiatan memijat bayi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar berat badan dan nafsu makan si kecil dapat meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News