Bundesliga Patut Jadi Contoh

Rutin Keuangan, Akhir Musim Ajukan Izin Tampil

Bundesliga Patut Jadi Contoh
Bundesliga Patut Jadi Contoh
 BERLIN - Bundesliga memang kalah gemerlap dari Premier League Inggris. Tapi, itu bukan berarti otoritas Premier League harus anti untuk belajar dari kompetisi di Jerman tersebut. Sebab, Bundesliga punya solusi untuk mengatasi menumpuknya utang klub.

Para penikmat sepak bola di Jerman memang lebih sedikit bisa melihat aksi-aksi bintang sepak bola dunia di Bundesliga. Sebab, para bintang itu lebih memilih berkiprah di kompetisi yang lebih bergengsi seperti Premier League, Serie A Italia, atau Liga Primera Spanyol.

Semua itu tidak lepas dari kebijakan klub di Jerman yang tidak begitu jorjoran dalam menggaji dan mentransfer pemain. Tak heran, ketika utang klub-klub di Premier League menumpuk, klub di Jerman tenang-tenang saja.

Itu tidak lepas dari adanya regulasi soal kesiapan finansial sebuah klub sebelum menjalani kompetisi. Pada setiap akhir musim, klub-klub kontestan Bundesliga harus mengajukan izin kepada DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) untuk bisa tampil di musim berikutnya.

 BERLIN - Bundesliga memang kalah gemerlap dari Premier League Inggris. Tapi, itu bukan berarti otoritas Premier League harus anti untuk belajar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News