Bundesliga Terancam Krisis Dana

Bundesliga Terancam Krisis Dana
Bundesliga Terancam Krisis Dana
MUNCHEN –  Penggemar berat Bundesliga harus siap-siap menelan kekecewaan.  Kelangsungan kompetisi liga utama di Jerman itu, terancam mandeg karena kemungkinan munculnya krisis finansial.

   Ancaman krisis itu bisa terjadi, karena sistem monopoli hak siar yang masih diterapkan di Bundesliga.  Kondisi ini membuat persaingan antarinvestor menjadi tak sehat.  Salah satu contoh adalah pemberian hak siar Bundesliga kepada stasiun televisi Premiere mulai tahun 2009, yang beraroma persekongkolan. Jika indikasi persengkongkolan itu bisa dibuktikan, sangat mungkin kesepakatan berjangka waktu enam tahun yang bernilai USD 4,7 miliar atau sekitar Rp 43,2 triliun antara Premiere dengan Bundesliga dibatalkan. So, kelangsungan kompetisi lah yang akhirnya harus dikorbankan.

   "Maka kami harus mencari jalan lain untuk menyelesaikan masalah ini," ujar chairman Bundesliga Christian Seifert kepada Bild seperti dilansir Goal. "Saya hanya bisa mengingatkan, kami sekarang berada di jalur yang justru merusak iklim sepak bola profesional di negara ini," kecamnya.

       Selain itu, Seifert juga mencermati adanya beberapa aturan yang menghancurkan jalannya kompetisi itu sendiri. Seperti larangan sponsor dari industri minuman keras di dalam stadion. “Itu jelas akan menipiskan pemasukan untuk klub, juga pendapatan yang diterima Bundesliga,” bebernya.

        Monopoli negara dalam pengendalian Bundesliga menurut Seifert juga bakal mengaburkan kelangsungan kompetisi. "Jika perusahan swasta diperbolehkan menerima taruhan di sepak bola, Bundesliga setidaknya akan mendapat peningkatan pendapatan sebesar USD 158 juta (Rp 1,4 triliun) ," lanjutnya.

        Untuk mengatasi persoalan itu, salah satunya Bundelsiga berharap program highlight sepak bola diberi alokasi waktu lebih lama lagi,  sehingga akan lebih banyak pemirsa yang membayar pay-TV. “Tarif iklan yang lebih tinggi juga akan membuat televisi swasta punya peluang untuk bersaing dengan pemegang hak siar. Kami butuh pemasukan lebih dari hak siar televisi,’’ungkapnya.

   ‘’Bundesliga saat ini bersaing dengan kompetisi sepak bola top lainnya seperti Premier League (Inggris), Liga Primera (Spanyol), dan Serie A (Italia). Jika gap dengan mereka terlalu jauh, maka otomatis peluang di Piala UEFA dan Liga Champions akan kalah,” paparnya.

   Pentas Bundesliga musim ini akan mulai bergulir pada 15 Agustus, dan berakhir pada 23 Mei 2009. (ali/bas)

MUNCHEN –  Penggemar berat Bundesliga harus siap-siap menelan kekecewaan.  Kelangsungan kompetisi liga utama di Jerman itu, terancam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News