Bung Karno Pernah Kunjungi Uni Soviet, Patungnya Bakal Berdiri di Tepi Sungai Moscow

Bung Karno Pernah Kunjungi Uni Soviet, Patungnya Bakal Berdiri di Tepi Sungai Moscow
Presiden Pertama RI Ir. Soekarno (Bung Karno) saat mengunjungi Uni Soviet. Foto: Twitter/RusEmbJakarta

jpnn.com, MOSCOW - Patung Proklamator RI Bung Karno bakal berdiri di Moscow, Rusia. Kabar itu datang dari Kedutaan Besar Rusia di Jakarta melalui akunnya di Twitter, Sabtu (10/6).

“Pembangunan patung Presiden Soekarno dimaksudkan sebagai tanggapan atas dibukanya patung kosmonaut Uni Soviet Yuri Gagarin,” ujar Ketua Komisi Seni Monumental Duma Kota Moskow Igor Voskresensky yang dikutip akun resmi Kedubes Rusia di Jakarta itu.

Monumen Yuri Gagarin berada di Taman Mataram, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Replika antariksawan bernama Yuri Alekseyevich Gagarin itu diresmikan pada 11 Maret 2021 oleh Anies Baswedan semasa masih menjabat gubernur DKI.

Menurut Igor, pihaknya menemukan berbagai klip tentang Presiden Soekarno mengunjungi Uni Soviet. Cuplikan video itu dibuat oleh Studio Film Dokumenter Pusat Uni Soviet pada 1956.

Video itu memperlihatkan Bung Karno mengunjungi Galeri Tretyakov, lalu berjalan di tepi Sungai Moskow, tepatnya di lokasi yang kini menjadi Taman Seni Museon.

Nantinya di lokasi itulah patung Bung Karno akan didirikan. Jika kita membuat analogi sejarah, Soekarno pernah berkunjung ke lokasi yang sekarang dipilih untuk patung beliau,” ujar Igor.(jpnn.com)


Kedutaan Besar Rusia di Jakarta mengabarkan bahwa patung Proklamator RI akan didirikan di tepi Sungai Moscow di ibu kota negeri bekas Uni Soviet itu.


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News