Bung Karno, Silsilah dan Pertanda Alam atas Kelahirannya

Bung Karno, Silsilah dan Pertanda Alam atas Kelahirannya
Foto Proklamator RI Ir. Sukarno (Bung Karno) yang dipasang di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com - Tanggal 6 Juni merupakan salah satu saat istimewa bagi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pada tanggal itu, 122 tahun silam, Bung Karno dilahirkan.

Bung Karno merupakan putra dari pasangan pria ningrat Jawa dan perempuan Bali berkasta Brahmana.

“Bapakku berasal dari Jawa. Nama lengkapnya Raden Sukemi Sosrodiharjo,” ujar Presiden Pertama RI itu dalam biografinya yang berjudul 'Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia' karya Cindy Adams.

Gelar raden di depan nama Sukemi menunjukkan ayah Bung Karno adalah bangsawan. “Bapak berasal dari keturunan Sultan Kediri,” tuturnya.

Dalam biografi itu juga didedahkan soal keluarga Raden Sukemi merupakan patriot-patriot hebat. Nenek dari neneknya adalah putri pejuang yang ikut mendampingi Pangeran Diponegoro.

Adapun ibu Bung Karno ialah Ida Ayu Nyoman Rai, seorang bangsawan Kerajaan Singaraja. “Raja Singaraja yang terakhir adalah paman ibuku,” tuturnya.

Menurut Bung Karno, ayahnya ditugaskan ke Bali untuk mengajar di sekolah rendah gubernemen di Singaraja. Seusai mengajar,  Raden Sukemi biasanya mendatangi pancuran air di depan sebuah pura.

Dari situ pula Raden Sukemi melihat dan mengenal Ida Ayu. Lama kelamaan, benih cinta tumbuh di antara Raden Sukemi dan Ida Ayu.

Bung Karno dilahirkan pada 6 Juni 1901 di Surabaya dari pasangan ningrat Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News