Buntut Ucapan Prabowo, Buruh Sakit Hati Dilarang Minta Naik Gaji

Buntut Ucapan Prabowo, Buruh Sakit Hati Dilarang Minta Naik Gaji
Calon presiden 2024 Prabowo Subianto mengeluarkan pernyataan kontroversial, dengan melarang buruh menuntut pengusaha menaikkan upah minimum setiap tahunnya. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden 2024 Prabowo Subianto mengeluarkan pernyataan kontroversial, dengan melarang buruh menuntut pengusaha menaikkan upah minimum setiap tahunnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Ilhamsyah mengatakan, pernyataan Prabowo menggambarkan ketidakpahamannya terhadap permasalahan keseharian buruh di Indonesia.

Bahkan menurut Ilham, pernyataan Prabowo itu mewakili kepentingan borjuasi atau para pemilik modal. Sebab para pemilik modal tidak ingin ada kenaikan upah buruh karena mengurangi keuntungan yang diperolehnya.

“Upah salah satu agenda utama perjuangan buruh selama ini. Nah, bila dia mengatakan tidak perlu untuk menuntut kenaikan upah setiap tahun dan harus memaklumi pengusaha itu menunjukkan watak kelasnya,” ujar Ilhamsyah saat dihubungi, Jumat (11/6).

Ilhamsyah mengaku binggung, seharusnya calon kepala negara menunjukkan keberpihakannya terhadap mayoritas rakyat Indonesia dan para buruh. Karena dalam kerangka bagaimana redistribusi kekayaan bisa adil dan merata. Negara dapat meredistribusi kekayaan dengan meningkatkan pajak untuk pengusaha.

Selain itu menurut Ilham, negara bisa mengurangi sedikit keuntungan yang diperoleh pengusaha dengan menaikkan upah buruh. Apalagi, pertumbuhan ekonomi Indonesia didongkrak konsumsi rumah tangga yang dipengaruhi besaran upah buruh.

“Upah yang kecil tentu akan membuat daya beli juga akan semakin rendah. Daya beli rendah akan membuat serapan terhadap konsumsi juga menjadi rendah. Dengan begitu, tentu produktivitas juga akan menurun kalau daya beli tidak ada. Semakin tinggi upah, konsumsi akan semakin tinggi dan secara otomatis juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Karena itu, mengkritik Prabowo yang menyatakan berjanji akan meringankan kehidupan buruh dengan berbagai subsidi. Hal itu dilakukan agar tidak lagi menuntut kenaikan upah.

Calon presiden 2024 Prabowo Subianto mengeluarkan pernyataan kontroversial, dengan melarang buruh menuntut pengusaha menaikkan upah minimum setiap tahunnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News