Bupati Anas Berangkatkan 2 Petugas Kebersihan Umrah

Bupati Anas Berangkatkan 2 Petugas Kebersihan Umrah
Bupati Banyuwangi, Abdulllah Azwar Anas (kiri) melepas Eni Endangwati dan Sumawi berangkat umrah. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Dua petugas kebersihan di Kabupaten Banyuwangi, Eni Endangwati dan Sumawi mendapat rezeki luar biasa. Keduanya berangkat umrah ke Tanah Suci. Eni adalah petugas di Bank Sampah, sedangkan Sumawi adalah petugas pengolah kompos.

Mata Eni dan Sumawi tampak berkaca-kaca saat Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyerahkan dua koper besar untuk menunjang ibadah mereka. Pelepasan dilakukan di acara silaturahmi dengan ratusan petugas kebersihan, Jumat (8/12).

“Alhamdulillah, ini tahun keenam Banyuwangi rutin memberangkatkan petugas kebersihan ke Tanah Suci. Titip doa ya Pak, Bu, untuk Banyuwangi agar kita semua dimudahkan membenahi kekurangan dan dilancarkan menjalankan program-program,” kata Anas.

Setiap tahun, Pemkab Banyuwangi mengundi dua petugas kebersihan untuk diberangkatkan umrah. Petugas yang berhak mengikuti undian adalah mereka yang berkinerja baik.

”Syukur alhamdulillah bisa berangkat umrah, saya tidak pernah menyangka bisa berangkat ke Tanah Suci,” ujar Eni.

Selain melepas Eni dan Sumawi, Bupati Anas sekaligus mengumumkan kenaikan insentif bagi para petugas kebersihan. "Ini bentuk apresiasi, yang sebenarnya juga belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan jasa petugas kebersihan dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujar Anas.

“Peran petugas kebersihan luar biasa. Sekarang Banyuwangi juga banyak dikunjungi orang, jadi kebersihan harus benar-benar diperhatikan. Hormat untuk bapak-ibu semua,” imbuh Anas.

Dia menambahkan, pihaknya menyiapkan program kewirausahaan bagi petugas kebersihan. “Tidak mungkin bekerja sebagai petugas kebersihan terus. Apalagi sehari kerjanya empat jam, waktu lainnya harus digunakan berwirausaha meski kecil-kecilan. Kita siapkan program itu,” ujarnya.

Setiap tahun, Pemkab Banyuwangi mengundi dua petugas kebersihan yang berkinerja baik untuk diberangkatkan umrah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News