Bupati Ansharuddin Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata untuk Masa Depan Balangan

Bupati Ansharuddin Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata untuk Masa Depan Balangan
Bupati Ansharuddin komitmen mengembangkan sektor pariwisata di Balangan. Foto: Dokumen Pemkab Balangan

jpnn.com, PARINGIN - Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, memiliki topografi yang cukup beragam. Mulai dataran, bukit-bukit, hingga pegunungan. Itu membuat daerah tersebut mempunyai banyak keindahan alam yang sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata alam.

Berangkat dari sana, sektor pariwisata menjadi salah satu fokus Pemkab Balangan untuk dikembangkan di bawah kepemimpinan Bupati Ansharuddin dan Wakil Bupati Syaifullah.

Salah satu langkah yang diambil Ansharuddin dalam komitmen mengembangkan sektor pariwisata di Balangan yaitu, dengan membentuk Dinas Pariwisata secara khusus, dari yang mulanya hanya berupa bidang di Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud).

Bupati Balangan Ansharuddin mengakui bahwa, sektor pariwisata memang menjadi perhatiannya dan masuk program jangka panjang untuk persiapan Balangan ke depannya terlebih pasca tambang.

“Selain pertanian, pariwisata menjadi salah satu andalan kami di masa mendatang untuk mendongkrak PAD dan ekonomi masyarakat, menggantikan posisi tambang yang lambat laun pasti akan habis,” ujarnya.

Namun diakuinya lagi, untuk saat ini memang belum bisa memberikan anggaran berlebih untuk pembenahan pariwisata, karena masih banyak sektor lain yang menjadi prioritas utama, seperti infrastruktur dan pertanian serta peningkatan kualitas SDM.

“Ya akan kami benahi secara perlahan, sedikit demi sedikit. Semuanya perlu proses,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Rody Rahmadi Noor mengungkapkan, untuk saat ini program utama pihaknya yaitu membenahi satu objek pariwisata yang bisa diunggulkan.

Kabupaten Balangan, memiliki topografi yang cukup beragam. Mulai dataran, bukit-bukit, hingga pegunungan. Itu membuat daerah tersebut mempunyai banyak keindahan alam yang sangat berpotensi untuk dijadikan objek wisata alam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News