Kunjungan Kerja Menteri Pertanian

Bupati Lamongan Paparkan Surplus Tanaman Cabai

Bupati Lamongan Paparkan Surplus Tanaman Cabai
Suasana kegiatan kunjungan kerja Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Desa Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. FOTO: Fandi/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kunjungan kerja Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Jawa Timur dimulai di Desa Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Dalam acara Panen Raya Padi dan Serap Gabah Petani, turut hadir pula Bupati Lamongan, Fadeli.

Bupati Lamongan Fadeli dalam sambutannya menyinggung harga cabai. Menurutnya, harga cabai masih pada kisaran Rp 100 ribuan ke atas. Untuk itu, dia mewajibkan setiap kepala keluarga (KK) menanam cabai di rumah masing-masing.

"Setiap KK kita wajibkan tanam cabai 5 hingga 10 batang. Nanti akan dilengkapi juga tanaman terong, tomat, dan lainnya. Jadi, tidak perlu beli cabai lagi," ungkap Fadeli, Selasa (7/3).

Fadeli menambahkan, saat ini Lamongan mampu menghasilkan 4.443 ton lebih cabai di Kabupaten Lamongan. Padahal, kebutuhan masyarakatnya hanya 2.000 ton.

"Hasil panen cabai ini surplus, Pak Menteri. Ada 4443 ton, atau separuh dari kebutuhan warga," jelas Fadeli.

Selain mamaparkan panen surplus cabai, Fadeli juga meminta sejumlah bantuan dari mentan terkait kebutuhan sektor agraria di wilayah tersebut.

Mulai dari ternak sapi yang membutuhkan 200 ribu ekor. Mengingat saat ini wilayah Lamongan hanya mencukupi 106 ribu ekor.

Kunjungan kerja Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di Jawa Timur dimulai di Desa Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News