Bupati Oku Timur Tegaskan Dukung Jokowi-JK

Bupati Oku Timur Tegaskan Dukung Jokowi-JK
Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Sumsel untuk pasangan Jokowi-JK didekrasikan. Foto: ist

jpnn.com - JAKARTA - Bupati Ogan Komering Ulu (Oku) Timur, Sumsel, Herman Deru, menyatakan mendukung pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Jokowi Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Herman menegaskan, sikapnya ini didasari suara hatinya yang menilai Jokowi-JK sebagai duet pemimpin yang mumpuni.
 
“Saya tidak kuat melawan hati saya sendiri untuk tidak mendukung Jokowi,” kata Herman Deru saat dihubungi wartawan di Jakarta, Senin (16/6).

Bukan saja mendukung Jokowi-JK, Herman Deru juga memimpin langsung pemenangan Jokowi-JK sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Sumsel.

Ditegaskan bupati yang dipilih 95 persen warganya dalam Pilkada di Oku Timur ini, pilihannya terhadap pasangan Jokowi-Hatta didasarkan atas pertimbangan hati nurani pribadi. Namun, pertimbangan obyektif juga mendasari pilihannya, yakni rekam jejak Jokowi dan JK.

Sosok Jokowi, menurutnya, ketika menjadi Wali Kota Solo yang dipikirkan hanyalah bekerja dan bekerja menjalankan amanat yang diberikan warganya. Ia tak pernah membayangkan dan bercita-cita menjadi Gubernur DKI Jakarta, apalagi presiden. Karir dan nasib politik Jokowi tidak digerakkan oleh ambisi pribadinya terhadap kekuasaan. Yang dia lakukan, kata Herman, adalah mengikuti kehendak rakyat.

Diakui, media massa turut melambungkan nama Jokowi. Namun menurut Herman, tanpa pesona pribadi dan rekam jejak yang melekat pada diri Jokowi, publikasi tak akan memberi efek banyak. Buktinya, banyak tokoh yang memanfaatkan media massa, tapi tidak membuat yang bersangkutan begitu saja diterima masyarakat.

Dijelaskan, dalam budaya politik di Indonesia, terdapat sejenis kearifan, bahwa pemimpin yang berasal dari kalangan rakyat biasa, dan dimunculkan atas kehendak murni rakyat bukan karena ambisi, biasanya dipercaya lebih tulus dan bertanggungjawab. Pemimpin serupa ini diyakini lebih serius berpikir dan bekerja untuk rakyatnya.

Selain itu, lanjut Herman Deru, senioritas,  pengalaman dan kepemimpinan Jusuf Kalla yang khas, sangat menjanjikan bagi perubahan Indonesia yang lebih baik ke depan.

JAKARTA - Bupati Ogan Komering Ulu (Oku) Timur, Sumsel, Herman Deru, menyatakan mendukung pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News