Bupati Sukamta Dukung Jokowi – Ma’ruf, Ini Respons PKS

Bupati Sukamta Dukung Jokowi – Ma’ruf, Ini Respons PKS
PKS. (Foto: Dok JPNN.com)

jpnn.com, BANJARMASIN - Bupati Tanah Laut Sukamta menghadiri acara di pos tim pemenangan calpres – cawapres Jokowi - Ma’ruf Amin di Kalse, tepatnya di Jalan A Yani, Km 5,7 Banjarmasin, Sabtu (6/10) siang. Kehadirannya mendapat perhatian para tamu undangan.

Ya, selain bahwa dia adalah kepala daerah baru yang berhasil mengalahkan petahana, tetapi juga karena latar belakang politik Sukamta sedikit tak biasa. Saat maju sebagai calon Bupati Tanah Laut lalu, dia diusung oleh PKPI, Gerindra, dan PKS. Dua partai politik terakhir ini sendiri memiliki arah dukungan ke Prabowo - Sandiaga.

Sukamta sendiri tak ambil pusing dengan arah dukungannya ini. “Tak ada hubungannya dengan parpol pengusung, ini murni dukungan pribadi,” ujar Sukamta.

Salah satu alasan dia memberi dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf di Kalsel karena sokongan yang datang dari pemerintah pusat untuk daerahnya. “Saya ingin program-program pemerintah pusat di Tala terus berkelanjutan. Ini alasannya,” tuturnya.

Mendengar kepala daerah yang mereka usung menyeberang ke koalisi lain, Sekretaris DPW PKS Kalsel Awan Subarkah menanggapi santai.

Awan menuturkan, pihaknya tak bisa mengintervensi soal arah dukungan ini, karena ini sifatnya dukungan pribadi. Meski memang dia mengakui , para kepala daerah usungan PKS biasanya tetap sejalan arah dukungannya di Pilpres.

“Sebetulnya harapkan kami demikian. Tapi kembali lagi, ini dukungan pribadi beliau. Yang bersangkutan pun bukan kader PKS. Kami juga menyayangkan,” tutur Awan.

Awan menyatakan dua kader PKS yang saat ini duduk sebagai kepala daerah, seperti Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad masih on the track mendukung Prabowo-Sandi. “Kita pastikan dua orang ini tetap di jalur,” yakinnya.

Bupati Tanah Laut Sukamta yang saat pilkada diusung PKPI, Gerindra, dan PKS, menyatakan mendukung pasangan Jokowi – Maruf.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News