Bupati Tak Sudi Naik Mobil Tahanan

Bupati Tak Sudi Naik Mobil Tahanan
Bupati Cilacap Probo Yulastoro menjadi terdakwa dalam persidangan dugaan kasus korupsi senilai Rp 20,7 miliar, di Pengadilan Negeri Cilacap, Senin (19/10). (foto:Kristiono/Radar Banyumas)
CILACAP – Bupati Cilacap, Probo Yulastoro, kemarin mulai disidang di Pengadilan Cilacap. Sidang terhadap orang nomor satu di Pemkab Cilacap ini menjadi tontotan ratusan warga Cilacap. Lantaran membludaknya pengunjung sidang, terpaksa aparat kepolisian mengerahkan 60 personilnya guna melakukan pengamanan. Pintu ruang sidang dijaga ketat polisi. Setiap orang yang akan masuk ke  kantor pengadilan diperiksa dengan menggunakan metal detector. Probo sendiri tampil rapi, dengan baju batik, celana hitam dan sepatu hitam bersih mengkilat. Usai sidang Probo sempat menyalami sejumlah warga dan mengacungkan jempol tangannya kepada warga.

Dari tahanan LP Cilacap, Probo dibawa ke PN Cilacap menggunakan mobil Panther hitam R 8639 GB sekitar pukul 09.30. Kedatangannya di kawal dengan menggunakan mobil Patwal Polres Cilacap. Bus tahanan warna hijau juga dibawa turut serta namun kosong. Wakil Bupati Cilacap Tatto Pamuji menjelaskan, hingga duduk di kursi terdakwa kemarin, status terdakwa Probo Yulastoro masih sebagai Bupati Cilacap. Pemkab Cilacap belum menerima pemberhentian sementara Probo sebagai bupati Cilacap. “Sampai hari ini Bupati Cilacap adalah Pak Probo Yulastoro. Saya adalah wakil bupati Cilacap,” ujar Tatto Pamuji kepada JPNN, via ponsel kemarin.

Dalam persidangan pertama dengan agenda pembacaan dakwaan itu, Probo didakwa merugikan negara Rp 20.722.270.169. Probo didakwa melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) ke -1 jo pasal 65 ayat (1) KUHP.

Persidangan dipimpin hakim Solahudin, dengan anggota Efiyanto SH dan Heru Budiyanto SH. Sedang jaksa penuntut umum (JPU) yang beranggotakan Gatot Guno Sembodo SH, Andi Permana SH dan Ganda Nugraha SH.  Probo didampingi pengacaranya, Bambang Sriwahono dan Guyub Bekti Basuki. Probo yang duduk dikursi terdakwa sangat serius mendengarkan dakwaan JPU.

CILACAP – Bupati Cilacap, Probo Yulastoro, kemarin mulai disidang di Pengadilan Cilacap. Sidang terhadap orang nomor satu di Pemkab Cilacap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News