Bupati Terjerat Korupsi, Kemdagri Siapkan Pengganti

Bupati Terjerat Korupsi, Kemdagri Siapkan Pengganti
Bupati Batubara OK Arya (Baju Putih) digiring keluar dari gedung Dirkrimsus Poldasu usai terjaring OTT oleh KPK, Rabu (13/9). Foto: Sutan Siregar/Sumut Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo siap memberhentikan sementara OK Arya Zulkarnaen dari jabatan Bupati Batubara, Sumatera Utara, jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan OK sebagai tersangka yang kemudian diikuti dengan penahanan.

OK diketahui terjerat operasi tangkap tangan (OTT) bersama enam orang lainnya itu, diduga terkait suap pengurusan sejumlah proyek di Batubara pada Rabu (13/9) kemarin.

"Saya masih menunggu informasi resmi dari KPK. Kalau memang ditahan, kami siapkan Wakil Bupati (RM Harry Nugroho, red) menjadi (Pelaksana Tugas Bupati Batubara, red). Jadi tinggal menunggu statemen resmi KPK," ujar Tjahjo di Jakarta, Kamis (14/9).

Menurut mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini, lembaga antirasuah biasanya segera menyampaikan pada Kemendagri perihal kasus yang membelit oknum kepala daerah.

Dengan demikian Kemendagri sebagai pembina pemerintahan di daerah dapat segera mengambil kebijakan yang dibutuhkan. Demi menjaga pemerintahan di daerah tetap berjalan dengan baik, tidak terganggu akibat kasus hukum yang membelit oknum kepala daerahnya.

"Tidak hanya kali ini saja, setiap OTT saya selalu sampaikan mudah-mudahan peristiwa yang terjadi merupakan yang terakhir. Tapi masih saja terus terjadi. Ini masalah mental," pungkas Tjahjo.(gir/jpnn)


Mendagri Tjahjo Kumolo siap memberhentikan sementara OK Arya Zulkarnaen dari jabatan Bupati Batubara, jika KPK menetapkan OK sebagai tersangka dan ditahan


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News