Buron 30 Tahun, Bos Mafia Italia Ditangkap

Buron 30 Tahun, Bos Mafia Italia Ditangkap
Ilustrasi penangkapan. Foto: Antara

jpnn.com - ROMA - Pihak kepolisian Italia menangkap Matteo Messina Denaro (60). Matteo merupakan bos mafia paling dicari di Italia, yang menjadi buron selama 30 tahun. Dia ditangkap di sebuah klinik pribadinya di Palermo, Sisilia, Senin (16/1).

Denaro kemudian digiring ke lokasi rahasia oleh polisia Italia Carabinieri. Denaro dianggap sebagai salah satu pentolan bos mafia Sisilia, yang dikenal sebagai Cosa Nostra.

Denaro divonis hukuman penjara seumur hidup dalam persidangan yang berlangsung secara in absentia, karena perannya dalam serangkaian pembunuhan.

Termasuk pembunuhan jaksa anti-mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992 silam.

Persidangan in absentia adalah peradilan suatu perkara tanpa kehadiran pihak tergugat dalam perkara perdata dan tata usaha negara atau pihak terdakwa dalam perkara pidana.

Denaro juga dijatuhi penjara seumur hidup karena berperan dalam serangan bom pada 1993 di Florence, Roma, dan Milan yang menewaskan 10 orang.

Perdana Menteri Italia Giorgio Meloni mengatakan penangkapan Denaro itu sebagai kemenangan besar negaranya atas mafia.

“Sebuah kemenangan besar bagi negara yang tidak pernah menyerah di hadapan para mafia. Setelah peningkatan penangkapan Toto Riina, pelaku kejahatan terorganisasi lainnya, Matteo Messina Denaro, diadili,” kata Meloni dalam cuitan di akun miliknya di Twitter. “Pencegahan dan pemberantasan kejahatan mafia akan terus menjadi prioritas mutlak pemerintahan ini," katanya.

Matteo Messina Denaro (60), bos mafia paling dicari di Italia, ditangkap polisi di Sisilia. Dia ditangkap setelah buron 30 tahun.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News