Bursa Calon Kapolri: 5 dari 13 Komjen Paling Berpeluang, Berikut Nama-namanya

Bursa Calon Kapolri: 5 dari 13 Komjen Paling Berpeluang, Berikut Nama-namanya
Bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis makin ketat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan 5 dari 13 perwira tinggi (pati) berpangkat komisaris jenderal (komjen) atau jenderal bintang tiga, berpeluang besar menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan pensiun Januari 2021. 

“IPW menilai dari 13 komjen itu hanya 5 komjen yang mempunyai peluang besar untuk menjadi Kapolri,” kata Neta, Senin (30/11).

Selebihnya, kata Neta, terdapat sejumlah kendala. Misalnya, faktor angkatan yang lebih senior dari Jenderal Idham Azis serta masa dinas yang hampir pensiun dan faktor lainnya.

Namun Neta berujar, 13 komjen tetap bisa ikut masuk dalam bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. 

Menurutnya, dari 13 komjen itu enam di antaranya bertugas di internal Polri. Delapan komjen lainnya bertugas di luar Polri.

“Meski komjen yang bertugas di internal Polri lebih berpeluang menjadi Kapolri tetapi para Komjen yang bertugas di luar kepolisian juga tetap memiliki peluang cukup besar,” ungkap Neta. 

Ia lantas mencontohkan beberapa pati Polri berpangkat komjen  yang sebelumnya bertugas di luar Polri kemudian menjadi Kapolri. 

Yakni, mantan Kapolri Jenderal (Purn) Sutanto, Dai Bachtiar dan Tito Karnavian. 

Berikut lima komjen yang paling berpeluang menjadi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, ada Boy Rafli Amar dan Listyo Sigit Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News