Bursa di Asia Terjun Bebas

Bursa di Asia Terjun Bebas
Bursa di Asia Terjun Bebas
LONDON - Gejolak finansial kembali memukul bursa sepanjang Rabu (8/10). Bahkan, bursa saham dunia sempat terpuruk hingga level terendah. Tapi, keputusan beberapa bank sentral dunia memangkas tingkat suku bunga berhasil mengangkat kepercayaan sebagian pasar.

Bursa saham, khususnya di Eropa, akhirnya balik ke teritori positif. Indeks saham di London melonjak 0,62 persen setelah Bank of England menurunkan bunga. Padahal, bursa London sebelumnya anjlok hampir 6 persen. Sayang, situasi itu tidak bertahan lama. Setelah rebound, indeks FTSE 100 di London lantas kembali merah dan turun ke level 4.397,86 pada sesi perdagangan siang.

Bursa saham di Paris juga menguat 0,20 persen menyusul langkah Bank Sentral Eropa (ECB) untuk memangkas suku bunga. Ini sekaligus mengangkat dari keterpurukan dan kerugian besar-besaran. Tapi, bursa Frankfurt tetap merah atau turun 0,99 persen dalam perdagangan sore kemarin. Transaksi di bursa Timur Tengah, khususnya Arab Saudi, juga rebound (pulih) menjelang penutupan.

Kendati begitu, analis menilai terlalu dini untuk bisa bernapas lega. ''Kita masih belum sepenuhnya keluar dari masalah,'' ujar Joshua Raymond, market strategist City Index. ''Kita harus lihat dulu apakah (pemangkasan suku bunga) ini berdampak lebih lama dalam memulihkan kepercayaan pasar,'' lanjutnya.

LONDON - Gejolak finansial kembali memukul bursa sepanjang Rabu (8/10). Bahkan, bursa saham dunia sempat terpuruk hingga level terendah. Tapi, keputusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News