Buru Kursi Kosong, Serbu MAN Banyuwangi

Buru Kursi Kosong, Serbu MAN Banyuwangi
Buru Kursi Kosong, Serbu MAN Banyuwangi
BANYUWANGI-Gelombang eksodus pendaftar benar-benar terjadi pada hari terakhir penerimaan peserta didik baru (PPDB) . Aktivitas pendaftar yang cukup ramai di hari terakhir terlihat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banyuwangi.

Sejak pukul 07.00 hingga pukul 10.00 tadi, tercatat ada 97 pendaftar baru di MAN Banyuwangi. Padahal di sekolah lain, jumlah pendaftar pada hari terakhir tak sebanyak itu. Tiga hari  sebelumnya, pendaftar di MAN tercatat 300 siswa. Pagu sekolah tersebut adalah 340. Dengan demikian, masih ada 40 kursi kosong di MAN pada Sabtu lalu (3/7). Rupanya kabar adanya kursi kosong tersebut memantik terjadinya lonjakan pendaftar pada hari terakhir kemarin. Hingga pendaftaran ditutup  jumlah pendaftar di MAN Banyuwangi telah mencapai 397 siswa. Dengan begitu, ada 50 pendaftar yang harus menerima kenyataan pahit tidak masuk sekolah tersebut.

Sebelumnya, Ketua panitia PPDB MAN Banyuwangi, Salman mengatakan, sistem penerimaan siswa baru di sekolahnya memang sedikit berbeda dengan sekolah lain. Sebab, MAN termasuk lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI dan merupakan sekolah yang berciri Islam.

Oleh karena itu, sistem penilaian dalam PPDB di MAN harus mencerminkan nilai-nilai Islam. Selain menggunakan nilai UAN, panitia juga menyelenggarakan tes wawancara dan tes baca-tulis Alquran, termasuk ujian tulis pengetahuan umum.

BANYUWANGI-Gelombang eksodus pendaftar benar-benar terjadi pada hari terakhir penerimaan peserta didik baru (PPDB) . Aktivitas pendaftar yang cukup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News