JPNN.com

Bus Bertenaga Hidrogen Mulai Beroperasi di Tiongkok, Ramah Lingkungan

Senin, 26 Oktober 2020 – 23:49 WIB
Bus Bertenaga Hidrogen Mulai Beroperasi di Tiongkok, Ramah Lingkungan - JPNN.com
Ilustrasi bus berbahan bakar hidrogen. Foto: Reuters

jpnn.com, JILIN - Kota Baicheng di Provinsi Jilin, Tiongkok, telah mengoperasikan 15 bus berbahan bakar sel hidrogen, yang pertama dari jenisnya di provinsi tersebut.

Bus komersial nol emisi bertenaga hidrogen itu dikembangkan dan diproduksi oleh Jiefang, anak perusahaan truk dari produsen mobil terkemuka Tiongkok, FAW Group.

Bus-bus tersebut memiliki kecepatan maksimum 60 km per jam dan dapat beroperasi dengan lancar di suhu rendah minus 30 derajat Celsius, dengan waktu pengisian bahan bakar 15 menit.

Kendaraan ini dilengkapi dengan sensor asap, alat pemadam kebakaran otomatis, dan perangkat keselamatan lainnya, serta sistem operasi transportasi umum cerdas yang memungkinkan pemantauan dan pemosisian kondisi melalui aplikasi ponsel.

"Bus yang beroperasi dengan bahan bakar hidrogen itu dapat mengurangi emisi dan polusi suara, lebih mudah dikendarai dibanding bus standar serta memiliki waktu pengisian bahan bakar yang lebih cepat daripada bus listrik murni," kata Lian Xiaojing, manajer perusahaan bus Baicheng.

Beberapa kota besar di Tiongkok termasuk Shanghai dan Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, telah membuat rencana untuk mempromosikan penggunaan bus bertenaga hidrogen. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil