Busui Positif Virus Corona, Bolehkah Menyusui Bayi?

Busui Positif Virus Corona, Bolehkah Menyusui Bayi?
Ilustrasi. Ibu yang sedang menyusui bayinya.

jpnn.com - ASI merupakan makanan terbaik bayi di awal kehidupannya. WHO juga menyarankan agar bayi diberikan ASI eksklusif pada enam bulan pertama hidupnya.

Lalu, dilanjutkan sampai umur dua tahun dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Tapi bagaimana jika ibu menyusui terinfeksi virus corona?

Ibu Menyusui Rentan Terkena Virus Corona 

Penularan coronavirus atau COVID-19 memang sangat cepat. Apalagi kalau Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah dan memiliki kondisi penyakit tertentu. Salah satunya yang perlu mendapat perhatian adalah ibu menyusui.

Dikatakan dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, ibu menyusui merupakan sedikit dari banyak orang yang perlu berhati-hati karena memiliki risiko tinggi kena infeksi virus corona.

Ini karena ada perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuh jadi lebih rendah dan mudah terinfeksi virus penyakit. 

Ditegaskan dr. Arina, apabila ibu menyusui mengalami gejala flu atau yang mirip dengan gejala coronavirus, segera periksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Apabila diketahui lebih awal, dokter bisa merekomendasikan perawatan yang lebih baik. 

Penularan coronavirus bisa terjadi melalui kontak langsung atau pun tidak langsung, yaitu ketika Anda menyentuh benda yang sebelumnya sudah terkontaminasi.

Ibu menyusui atau busui merupakan sedikit dari banyak orang yang perlu berhati-hati karena memiliki risiko tinggi kena infeksi virus corona.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News