JPNN.com

Butuh 600 Dokter, Baru Ada 59

Minggu, 14 November 2010 – 10:22 WIB
Butuh 600 Dokter, Baru Ada 59 - JPNN.com
Butuh 600 Dokter, Baru Ada 59
PURWOKERTO -- Jumlah tenaga kesehatan yang dimiliki pemerintah ternyata jauh lebih sedikit dibanding swasta. Bahkan jika dihitung sesuai angka kebutuhan di masyarakat bisa dikatakan masih sangat kurang.

Contohnya dokter. Pemerintah Kabupaten Banyumas saat ini hanya memiliki 59 dokter. Padahal idealnya, melihat jumlah penduduk Banyumas yang mencapai 1,8 juta jiwa, minimal ada 600 dokter. "Perbandingannya per 30 ribu jiwa satu rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan  (Dinkes) Banyumas dr Widayanto MKes.

Salah satu faktor yang menyebabkan minimnya tenaga dokter diantaranya karena banyak yang pensiun. Sementara jarak regenerasi ataupun pengganti cukup jauh. Kasus seperti ini terutama terjadi pada dokter spesialis. "Seperti di RSUD Banyumas, dokter spesialis mata sudah mau pensiun, tapi belum ada pengganti," terangnya.

Bagitu juga dengan tenaga apoteker. Banyumas hanya memiliki tujuh apoteker. Bahkan dari 39 puskesmas di Banyumas, baru satu puskesmas yang memiliki apoteker, yakni di Puskesmas Purwokerto Timur I. Itupun menurut Widayanto masih belum optimal.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo