California Membara, Arnold Umumkan Kondisi Darurat

Sembilan Belas Persen Wilayahnya Terbakar

California Membara, Arnold Umumkan Kondisi Darurat
Foto : REUTERS/Mike Blake
DIAMOND BAR - Kebakaran di Negara Bagian California terus menghebat. Dari semula hanya melahap semak belukar, berkat bantuan angin, si jago merah telah menjamah lebih dari 800 rumah dan apartemen di California selatan, mulai Santa Barbara hingga Los Angeles.

Kecepatan angin mencapai 130 km/jam. Buntutnya, sekitar 26 ribu warga di Orange County--wilayah semacam kawedanan dimana Los Angeles berada-- yang menjadi pusat kobaran dipaksa mengungsi.

Menurut Gubernur California Arnold Schwarzenegger, kebakaran kali ini ini adalah yang terberat selama dia berkuasa. Pemeran utama dalam film Terminator itu pun menetapkan kalau wilayah Orange, Riverside, Los Angeles dan Santa Barbara, berada dalam situasi darurat.

Untuk memadamkan api, Schwarzenegger telah mengerahkan 1031 anggota pemadan kebakaran, 211 mesin pemadam api, 12 helikopter, dan 15 buldozer. Itu dilakukan agar api tetap menjauh dari wilayah pemukiman.

DIAMOND BAR - Kebakaran di Negara Bagian California terus menghebat. Dari semula hanya melahap semak belukar, berkat bantuan angin, si jago merah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News