Calo Mobil Jenazah Marak di RSCM

Tarif Rp 2,5 Juta, Ditarik Rp 8 Juta

Calo Mobil Jenazah Marak di RSCM
Calo Mobil Jenazah Marak di RSCM

jpnn.com - JAKARTA PUSAT - Hati-hati jika ingin menggunakan layanan dan jasa mobil jenazah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Jangan sampai tertipu calo yang sering bergentayangan di RS tersebut. Para calo tersebut mematok harga sewa berlipat-lipat dibandingkan tarif resmi.

Haryanto, 37, merupakan salah seorang korban calo di RSCM. Dia mengatakan, pada Jumat lalu (8/11) dirinya membayar Rp 8 juta untuk layanan mengantarkan jenazah ayahnya dari RSCM ke Bandara Soekarno Hatta. Saat itu, dia dan keluarganya tidak memiliki uang lebih. Tapi, mereka tidak berdaya untuk menolak calo.

"Karena tidak ada pilihan, saya terpaksa bayar Rp 8 juta untuk ongkos layanan mobil jenazah dari RSCM ke bandara," katanya, Kamis (14/11).

Dia menceritakan bahwa ayahnya, Taru Ismail, 54, meninggal di RSCM karena penyakit tumor. Saat itulah dia didekati orang yang mengaku sebagai petugas RSCM. Dia mengaku bisa membantu memandikan, mengkafani, sampai mengirim jenazah ke lokasi pemakaman.

"Dia menawarkan harga Rp 14 juta sampai ke Ternate (daerah asal Taru, Red)," ungkapnya. Haryanto menerima.

Saat menanyakan rincian biaya layanan mobil jenazah RSCM, dia sadar tertipu. Sebab, biaya pengurusan jenazah sampai pengiriman ke Ternate tidak sampai Rp 14 juta. Biaya pengiriman jenazah dari RSCM ke Bandara Soekarno-Hatta Rp 2,5 juta. (agu/oni/dwi)


JAKARTA PUSAT - Hati-hati jika ingin menggunakan layanan dan jasa mobil jenazah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Jangan sampai tertipu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News