Calon Bupati Jalur Independen Merasa Dikerjai KPU Kerinci

Calon Bupati Jalur Independen Merasa Dikerjai KPU Kerinci
Calon Bupati Jalur Independen Merasa Dikerjai KPU Kerinci

jpnn.com - JAKARTA - Bakal pasangan calon Bupati Kerinci dari jalur independen, Ami Taher- Suhaimi Surah mempertanyakan bukti dukungan yang hilang. Pasalnya, pasangan tersebut mengklaim sudah mengumpulkan dukungan melebihi syarat minimal.

"Dalam pilkada di Kabupaten Kerinci, syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan sebanyak 15. 861 suara. Kami telah memberikan bukti dukungan total sebanyak 25.577 suara," kata Idris Yasin selaku kuasa pihak pengadu dalam persidangan di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Selasa (3/9).

Pihak teradu dalam perkara ini adalah lima komisioner KPU Kerinci. Mereka adalah Mulfi (ketua), Faisal Amri, Sulaiman, Rusydi Marsam, dan Nasrin.

Pada persidangan itu, pihak teradu membenarkan bahwa jumlah syarat dukungan minimal untuk calon perseorangan pada pilkada Kerinci adalah 15.861 suara. Dukungan pertama yang diserahkan pasangan Ami Taher-Suhaimi Surah sebanyak 17.155 suara.

Dari jumlah tersebut, pada saat verifikasi faktual PPS dan PPK, kemudian terakhir oleh KPU itu dukungan yang memenuhi syarat hanya 13.047 suara dan masih kurang 2.814 suara. Namun, berdasarkan verifikasi KPU, dukungan yang memenuhi syarat sah hanya 1.721 suara.

Kemudian saat verifikasi ulang, KPU menemukan tanda tangan penduduk pada daftar dukungan tidak sama dengan dukungan pada foto copy yang bersangkutan. Jumlahnya sebanyak 572 dukungan.

"Sisanya sebanyak 5.959. Tapi yang dikeluarkan (kades) berupa surat keterangan penduduk. Dan ini semua foto kopi bukan asli," papar salah seorang komisioner KPU Kerinci. (dil/jpnn)


JAKARTA - Bakal pasangan calon Bupati Kerinci dari jalur independen, Ami Taher- Suhaimi Surah mempertanyakan bukti dukungan yang hilang. Pasalnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News