Calon Bupati Terpilih Merauke All Out Hadapi Gugatan di MK

Calon Bupati Terpilih Merauke All Out Hadapi Gugatan di MK
Frederikus Gebze. Foto: dok/Cenderawasih Pos

jpnn.com - MERAUKE - Calon Bupati Merauke Frederikus Gebze mengaku siap menghadapi pihak-pihak yang masih keberatan dan melakukan upaya hukum atas hasil pleno KPU Kabupaten Merauke, yang menempatkan pasangan nomor urut 1 Frederikus Gebze-Sularso unggul 60,5 persen dari pasangan nomor urut 2, Romanus Mbaraka-Sugiyanto.

“Sebagai calon bupati terpilih Kabupaten Merauke kami berterima kasih. Namun dalam proses pemilihan yang berjalan aman dan damai itu masih ada beberapa pihak yang merasa keberatan dan melakukan upaya-upaya hukum. Kami hargai. Karena itu adalah hak sehingga kami memberikan ruang,’’ kata Frederikus, seperti dikutip dari Cenderawasih Pos, Senin (4/1).

Namun dia juga menekankan, bahwa semua penyelenggara pemilihan dan Panwas melakukan dengan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku di Negara Kesatuan Repubik Indoensia, sesuai dengan mekanisme. 

Terkait dengan gugatan yang telah didaftarkan oleh pasangan nomor urut 2 ke MK dengan termohon atau tergugat KPU dan pihak terkait, Frederikus mengaku pihaknya juga sedang mengumpulkan bukti-bukti dari berbagai sumber dan informasi. Termasuk kerjasama, koordinasi dengan pihak KPU sebagai yang akan digugat.  

Frederikus mengatakan, gugatan yang didaftarkan ke MK akan didengar keputusannya pada tanggal 4-5 Januari, apakah diterima atau atau tidak. "Tetapi kalau melihat dari perolehan suara, sebenarnya terjadi perbedaan suara yang cukup signifikan yaitu 21.000. Selisihnya cukup jauh. Tapi lagi-lagi kami berikan itu kepada pengacara, KPU untuk bagaimana mengatasi dengan jernih,” tuturnya. (ulo/nan/adk/jpnn)

MERAUKE - Calon Bupati Merauke Frederikus Gebze mengaku siap menghadapi pihak-pihak yang masih keberatan dan melakukan upaya hukum atas hasil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News