Jelang Rakernas, PDIP Gelorakan Semangat Tri Sakti dalam Diskusi

Jelang Rakernas, PDIP Gelorakan Semangat Tri Sakti dalam Diskusi
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - YOGYAKARTA - Sejumlah kota besar seperti Yogyakarta, Bandung dan Surabaya menjadi sasaran PDI Perjuangan menggelar disksusi untuk mengupas dan mendalami Tri Sakti.

Diskusi ini merupakan rangkaian kegiatan jelang rapat kerja nasional (rakernas) 2016, yang bakal digelar di Jakarta, 10-12 Januari nanti.

Di Yogyakarta, diskusi seputar Tri Sakti ini akan dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan menghadirkan sejumlah pakar dan aktivis.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan (Bidang Komunikasi Politik, Agitasi dan Propaganda) DIY, Eko Suwanto mengatakan, pihaknya akan menjawab kepercayaan dari DPP ini dengan kesuksesan acara.

"Diskusi bersama pakar ini untuk merangkum masukan pemikiran bagi upaya mewujudkan Tri Sakti, dalam seluruh kebijakan pembangunan nasional berdasarkan Pancasila dan konstitusi," kata Eko, di Yogyakarta, Senin (4/1).

Sejumlah pakar yang akan menjadi narasumber diskusi ini adalah Guru Besar UNY Prof Wuryadi, MS, Dr Revrisond Baswir (ekonom dan dosen FEB UGM), Dr Arie Sudjito (dosen Fisipol UGM), Andi Sandi, SH, LLM (Wakil Dekan FH UGM) dan peserta dari kalangan akademisi, LSM, media, mahasiswa dan internal PDI Perjuangan. 

"Acara di UGM ini akan mengingatkan kita, bahwa selain diresmikan oleh Bung Karno, dan juga di UGM inilah Bung Karno memberikan kuliah Pancasila yang menjadi dasar negara. PDI Perjuangan juga berharap dari kampus di mana Presiden Joko Widodo, kader PDI Perjuangan, bisa menyelesaikan studi S1-nya. Kami akan bergotong royong dengan civitas akademika dari perguruan tinggi menggali ide, gagasan dan pemikiran untuk berjuang mewujudkan Tri Sakti ajaran Bung Karno guna mencapai masyarakat Indonesia yang adil makmur tanpa exploitation de l'homme par l'homme, tanpa exploitation de nation par nation," ungkap Eko yang merupakan Ketua Komisi A DPRD DIY itu.

Sementara SC Rakernas PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari juga dijadwalkan akan memberikan keynote speech di acara Roundtable Discussion bertema "Mewujudkan Tri Sakti Dengan Pembangunan Semesta Berencana Untuk Indonesia Raya". Ketua DPD PDI Perjuangan DIY, Bambang Praswanto juga dipastikan hadir.

YOGYAKARTA - Sejumlah kota besar seperti Yogyakarta, Bandung dan Surabaya menjadi sasaran PDI Perjuangan menggelar disksusi untuk mengupas dan mendalami

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News