Calon Dari Luar BI Diuntungkan Situasi

Pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia

Calon Dari Luar BI Diuntungkan Situasi
Calon Dari Luar BI Diuntungkan Situasi
JAKARTA - Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Nina Sapti menilai tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) sesungguhnya memiliki kualifikasi dan kemampuan yang setara. "Tapi secara psikologis, calon dari luar BI yaitu Krisna Wijaya diutungkan oleh situasi di mana skandal Bank Century bisa terjadi diduga karena lemahnya pengawasan di bank sentral tersebut," kata Nina Sapti, di Jakarta, Jumat (9/4).

Tiga kandidat yang telah dipastikan akan ikut uji kalayakan dan kepatutan di DPR pada 28 April mendatang masing-masing Halim Alamsyah (Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI), Perry Warjiyo (Direktur Riset Kebijakan Moneter BI) dan Komisaris Bank Danamon Indonesia (Tbk) Krisna Wijaya.

“Secara pribadi, saya masih berharap calon dari dalam BI bisa terpilih, asal mereka itu mampu meyakinkan publik. Tetapi semuanya terpulang ke pada DPR yang memilih,” kata Nina Sapti lagi.

Sementara Anggota Komisi XI DPR dari Partai Golkar, Nusron Wahid menyatakan, calon dari luar Krisna Wijaya berpotensi dipilih mengingat kebutuhan posisi deputi gubernur BI saat ini adalah bidang pengawasan karena pengawasan di BI belakangan ini mendapat sorotan tajam publik.

JAKARTA - Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Nina Sapti menilai tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) sesungguhnya memiliki kualifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News