Calon Menteri Orang Dekat Jokowi

Calon Menteri Orang Dekat Jokowi
Calon Menteri Orang Dekat Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Hari Jumat kemarin (17/10) rancangan kabinet Jokowi-JK sudah terbentuk. Namun Jokowi masih enggan menyebutkan nama-nama menteri yang akan bekerja dia lima tahun ke depan.

Namun diperkirakan sejumlah pos kementerian utama akan diisi orang dekat Mantan Walikota Solo itu.
      
Diantara nama-nama yang santer diberitakan yakni ada Andi Widjajanto dan Rini Soemarno. Keduanya terhitung sangat dekat dengan Jokowi. Karena keduanya membantu masa transisi pemerintahan Jokowi-JK. Bahkan, nama Rini sempat dikatakan akan menjadi Menteri BUMN.
      
Deputi Tim Transisi Eko Sandjojo yang dihubungi membenarkan bahwa pos menteri strategis akan diisi oleh orang dekat Jokowi. Alasannya karena faktor kenyamanan. "Ya kalau orang dekat kan comfort," jelasnya.
      
Eko mengatakan, Jokowi membutuhkan kenyamanan dalam bekerja. Ketika ada masalah bisa diselesaikan dengan cepat. Selain itu mudah dikontrol dan komunikasi berjalan baik. "Sehingga kabinetnya akan berjalan dengan lancar," ucapnya.
      
Dia mengakui bahwa nama seperti Rini kemungkinan besar masuk pada bursa nama menteri Jokowi-JK. Karena kemampuan serta track record Rini yang sudah pernah menjadi menteri.

Ketika era presiden Megawati dia sempat menjadi menteri perdagangan. Namun ketika ditanya lebih jauh dia engggan menjelaskan detil. "Nanti saja tanggal 21 Oktober setelah pelantikan," ujarnya.
      
Saat ini nama-nama menteri itu masih diseleksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Jokowi menginginkan kabinetnya bersih dari masalah korupsi.
      
Menurut Eko, pemeriksaan oleh KPK dan PPATK akan berjalan cepat. Dia sudah mendapatkan jaminan bahwa sebelum pelantikan nama-nama itu sudah selesai diperiksa. "Nanti mereka akan menyampaikan feed back. Sesudah itu akan diperiksa lagi," ujarnya.
      
Jumlah nama menteri yang diseleksi 43 orang. Eko mengatakan akan dikerucutkan. Yakni menjadi 33 menteri dan 4 kemenko.  (aph/dyn)

 


JAKARTA - Hari Jumat kemarin (17/10) rancangan kabinet Jokowi-JK sudah terbentuk. Namun Jokowi masih enggan menyebutkan nama-nama menteri yang akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News