Calon Pengganti Pak Buwas di BNN Sudah Sampai Meja Presiden

Calon Pengganti Pak Buwas di BNN Sudah Sampai Meja Presiden
Kepala BNN Budi Waseso. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso akan memasuki masa pensiunnya pada Maret 2018. Pada 18 Februari mendatang, perwira Polri kelahiran 1960 yang kondang disapa dengan panggilan Buwas itu genap berusia 58.

Polri pun sudah menyiapkan calon pengganti Buwas di BNN. "Sudah ada," ujar Wakapolri Komjen Syafruddin saat ditemui di Wisma Atlet, Sunter, Jakarta, Minggu (4/2).

Menurut Syafruddin, nama calon pengganti Buwas sudah di tangan Presiden Joko Widodo. "Tinggal keputusan presiden," pungkas Syafruddin.

Sebelumnya, beberapa hari lalu Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menbeber kriteria calon kepala BNN. Yang pertama adalah perwira tinggi Polri yang memiliki latar belakang reserse.

Kandidat tersebut juga harus berpengalaman menangani kasus narkoba. "Minimal penah menangani narkoba, kasus-kasus minimal lima tahun kalau enggak salah,” sebut Setyo.

Selain itu, calon kepala BNN harus perwira tinggi Polri yang belum memasuki masa pensiun. “Masa dinas sampai pensiunnya masih cukup, kalau enggak salah tiga atau dua tahun," jelasnya.

Tidak ada yang istimewa terkait pergantian jabatan Kepala BNN. Menurut Setyo, mutasi jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang alamiah.

Bukan hanya Buwas, beberapa perwira tinggi Polri juga akan pensiun pada Maret 2018. Rotasi jabatan tersebut telah disiapkan. "Tentunya Asisten SDM sudah memikirkan itu. Supaya yang pensiun ya pensiun dengan baik, sedangkan yang masih tugas mendapatkan promosi jabatan, amanah baru," ucap Setyo.(dna/JPC)


Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018. Pada 18 Februari mendatang, Buwas genap berusia 58 tahun


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News