Canggungnya Wapres AS saat Bertemu Adik Kim Jong-un

Canggungnya Wapres AS saat Bertemu Adik Kim Jong-un
Wapres AS Mike Pence dan Kim Yong Nam (Reuters)

jpnn.com, SEOUL - Pertemuan canggung antara Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dengan adik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Yong Nam terjadi saat perjamuan Olimpiade Musim Dingin Pyeong Chang 2018 di Korea Selatan (Korsel).

Seperti dilansir BBC, Pence sempat menemui Kim, namun mereka berusaha sekuat mungkin untuk tidak saling bertatapan. Bukan hanya itu, Pence juga menolak untuk berjabat tangan dengan Kim. Padahal, keduanya duduk berselebahan.

Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebelumnya berjabat tangan dengan adik dari Kim Jong Un tersebut.

Pence dan Kim Yong Nam disambut oleh Moon pada saat upacara pembukaan olimpiade. Namun, setelah lima menit Pence langsung meninggalkan tempat.

Pada acara tersebut, Moon berharap bahwa Olimpiade Musim Dingin ini akan diingat sebagai permulaan dari sebuah perdamaian. Moon juga dijadwalkan akan bertemu dengan delegasi Korut pada Sabtu, (10/2).

Pence sebelumnya membawa Fred Warambier, ayah dari seorang pemuda Amerika yang meninggal setelah dibebaskan dari penjara Korut.

Sedangkan Kim, dia sangat dekat dengan kakaknya. Dia juga berada dalam sanksi AS karena melakukan pelanggaran hak asasi manusia di Korut.

Kunjungannya dipandang sebagai pertanda bahwa Kim Jong Un serius untuk memperbaiki hubungan dengan Korsel. Beberapa berspekulasi bahwa Kim mungkin membawa pesan dari kakaknya. (iml/JPC)


Pertemuan canggung antara Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dengan adik pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Yong Nam


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News