Capai Passing Grade Bukan Jaminan Lulus PPPK Guru 2021, Syaiful Minta Nadiem Lakukan Ini

Capai Passing Grade Bukan Jaminan Lulus PPPK Guru 2021, Syaiful Minta Nadiem Lakukan Ini
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengungkapkan kegelisahannya menjelang pengumuman kelulusan PPPK guru tahap I.

Pasalnya, para guru yang lulus passing grade belum tentu dinyatakan lulus PPPK 2021 tahap I.

Dia menyebutkan dari 94 ribu yang dilaporkan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam raker Komisi X DPR RI pada 23 September, ternyata bukan kelulusan PPPK. Mereka hanya lulus passing grad.

"Statement Mas Nadiem bahwa ada 100 ribu yang lulus, pernyataan menggantung. Ternyata itu jumlah guru yang lulus passing grade, bukan lulus PPPK," terang Syaiful kepada JPNN.com, Minggu (3/10).

Dengan fakta tersebut, lanjutnya otomatis tidak semuanya bisa dinyatakan lulus PPPK guru tahap I.

Ini karena formasi yang tersedia sedikit tetapi dilamar banyak peserta dan lulus passing grade sehingga diberlakukan perangkingan.

Dia mencontohkan sekolah A menyediakan formasi empat guru kelas. Formasi itu dilamar 10 orang dan semua lulus passing grade. Otomatis ada enam orang yang dinyalakan tidak lulus PPPK tahap I.

Jika sudah demikian mereka harus ikut tes PPPK guru tahap II, di mana pesertanya sudah ditambahkan dengan guru swasta dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG).

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta Nadiem Makarim menyelematkan guru honorer yang mencapai passing grade agar bisa lulus PPPK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News