Cara Alami Mengatasi Masalah Keputihan

Cara Alami Mengatasi Masalah Keputihan
Area kewanitaan Ilustrasi. Foto Women Health

jpnn.com - Timun kerap dikaitkan sebagai penyebab keputihan pada wanita. Faktanya, sampai saat ini belum ada penelitian yang menerangkan bahwa timun adalah makanan penyebab keputihan sehingga bisa dikatakan hal ini adalah mitos.

Bahkan, konsumsi timun mendatangkan banyak manfaat karena kaya akan kandungan vitamin K, vitamin C, serat, dan air yang baik untuk kesehatan tulang, pencernaan, serta kulit.

Adakah Cara Alami untuk Atasi Keputihan?

Bila Anda mengalami keputihan, jangan panik dulu. Coba perhatikan jenis keputihan Anda, apakah masih dalam batas normal atau tidak berdasarkan perbedaan yang telah dijelaskan di atas. Setelah itu, lakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi keputihan secara alami:

1. Jaga kebersihan area kewanitaan

Hal terpenting dalam mengatasi keputihan adalah dengan menjaga kebersihan organ kewanitaan sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi sekaligus mengobati keputihan itu sendiri.

Organ kewanitaan sudah memiliki bakteri atau flora normal yang berguna untuk mencegahnya dari infeksi. Namun, flora normal ini dapat mengganggu apabila jumlahnya berlebihan di dalam area kewanitaan.

Bakteri berkembang biak dengan baik di tempat yang lembap. Oleh karena itu, selalu jaga organ kewanitaan Anda agar tetap kering dan rajin mengganti pakaian dalam apabila sudah merasa lembap.

2. Konsumsi makanan yang tepat

Terdapat beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi keputihan, seperti yoghurt, bawang putih, minyak daun teh, minyak kelapa, dan cuka apel. Makanan tersebut telah terbukti dapat mengatasi infeksi bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Bila Anda mengalami keputihan, jangan panik dulu. Coba perhatikan jenis keputihan yang kamu alami.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News