Hindari Konsumsi Makanan ini Sebelum Tidur Supaya Badan Tidak Gemuk

Hindari Konsumsi Makanan ini Sebelum Tidur Supaya Badan Tidak Gemuk
Mi Samyang hot chiken ramen atau mi goreng pedas rasa ayam yang sudah terdaftar di BPOM dan sertifikasi halalnya lagi diproses di MUI. Foto Ara/JPNN.com

jpnn.com - Menurut data yang dipublikasikan di the Journal of Community Health, hampir sepertiga orang dewasa di seluruh dunia memiliki kualitas tidur yang kurang. Setelah ditelusuri, ternyata salah satu penyebabnya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan sebelum tidur.

Tidak dimungkiri, makanan yang dikonsumsi memang bisa memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Bahkan, beberapa makanan juga dapat mengganggu kualitas tidur malam Anda.

Padahal, kualitas tidur yang kurang baik dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas atau kegemukan. Adanya kondisi tersebut lama-kelamaan bisa memicu penyakit diabetes, penyakit jantung, bahkan stroke.

Makanan Sebelum Tidur yang Bikin Gemuk

Beberapa asupan di bawah ini sering dijadikan makanan sebelum tidur. Padahal, makanan-makanan tersebut dapat mengganggu kualitas tidur dan memengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Makanan-makanan yang dimaksud, antara lain:

1. Makanan Pedas

Makanan pedas atau mengandung cabai dapat memicu terjadinya GERD (gastro esophageal reflux disease). Risiko terjadinya kondisi itu bahkan bisa meningkat berkali-kali lipat jika Anda mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur,

GERD itu sendiri merupakan penyakit saluran pencernaan bagian atas yang terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan. Gejalanya hampir mirip dengan sakit mag, seperti nyeri ulu hati, mual, atau muntah.

Beberapa jenis makanan juga bisa mengganggu kualitas tidur malam Anda. Karena itu, Anda harus waspada.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News