Cara Aman Mengendarai Motor di Era New Normal

Cara Aman Mengendarai Motor di Era New Normal
Touring bersama menuju Honda Bikers Day satu dekade di Pengandaran, Jawa Barat. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat Indonesia sudah lebih dari tiga bulan menghadapi pandemi COVID-19. Kini, masyarakat bersiap memasuki era new normal, di mana aktivitas luar ruangan secara bertahap berangsur normal dengan menerapkan protokol kesehatan.

Para pengendara motor pun harus membiasakan diri dengan hal-hal baru yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya dalam beraktivitas.

"Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para bikers untuk berkendara dengan #Cari_aman di era New Normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara hingga setelah berkendara," ujar Manager Safety Riding PT Astara Honda Motor (AHM) Johannes Lucky, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/6).

Ia mengatakan, sebelum berkendara, sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Kemudian, kata dia, periksa kondisi sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

“Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. Pengendara juga membawa masker cadangan untuk mengantisipasi kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktifitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,” ungkapnya.

Selain itu, para pengguna juga perlu memperhatikan riding gear yang digunakan dalam era New Normal. Hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

Pengendara motor harus membiasakan diri dengan hal-baru yang berbeda dari kebiasaan dalam beraktivitas di era ner normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News