Cara Bijak Meningkatkan Sistem Audio Mobil

Cara Bijak Meningkatkan Sistem Audio Mobil
Ilustrasi boks subwoofer. (Foto: Ist for JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Sistem audio mobil merupakan salah satu bagian penting memberikan tingkat kenyamanan pada pengemudi ataupun penumpang saat berkendara jauh. Biasanya, fitur audio standar di mobil tidak cukup memuaskan hasrat.

Langkah paling banyak diambil ialah mengganti perangkat in-car entertainment standar dipensiunkan ke perangkat aftermarket. Kendati demikian, Brand Manager Dynaudio Indonesia, Edward, mengingatkan saat ingin meningkatkan sistem audio mobil.

BACA JUGA: Perhatikan Boks Subwoofer Biar Suara Musik di Mobil Akurat

Lanjut Edward, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Pasalnya audio mobil terdiri dari beberapa tipe, ukuran dan jenis yang berbeda.

"Banyak pilihan audio canggih dari berbagai merk. Sebagai bahan pertimbangan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar mendapatkan produk audio atau speaker mobil dengan kualitas terbaik," kata Edward saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Edward menjelaskan, audio mobil itu terbagi dalam dua jenis. Pertama adalah speaker model full-range yang memproduksi audio dalam satu wadah. Kedua, komponen speaker yang terdiri dari midbass, tweeter serta woofer.

"Dalam memilih sebuah speaker perlu diperhatikan speaker sensitivity yang digunakan untuk mengukur bagaimana mencari amplifier yang cocok. Semakin tinggi nilai sensitivitas, semakin keras suara yang dihasilkan speaker," kata Edward.

"Kalau ingin mendapatkan kualitas suara terbaik, pakailah komponen speaker. Tetapi, perlu proses instalasi yang lebih profesional, sebab jumlah speakernya biasanya lebih banyak," sambung dia.

Langkah paling banyak diambil saat ingin meningkatkan sistem audio standar mobil ialah dengan mengganti ke perangkat aftermarket. Kendati demikian, Brand Manager Dynaudio Indonesia, Edward, mengingatkan saat ingin meningkatkan sistem audio mobil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News