JPNN.com

Cara Bijak Meningkatkan Sistem Audio Mobil

Minggu, 21 April 2019 – 20:21 WIB Cara Bijak Meningkatkan Sistem Audio Mobil - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sistem audio mobil merupakan salah satu bagian penting memberikan tingkat kenyamanan pada pengemudi ataupun penumpang saat berkendara jauh. Biasanya, fitur audio standar di mobil tidak cukup memuaskan hasrat.

Langkah paling banyak diambil ialah mengganti perangkat in-car entertainment standar dipensiunkan ke perangkat aftermarket. Kendati demikian, Brand Manager Dynaudio Indonesia, Edward, mengingatkan saat ingin meningkatkan sistem audio mobil.

BACA JUGA: Perhatikan Boks Subwoofer Biar Suara Musik di Mobil Akurat

Lanjut Edward, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Pasalnya audio mobil terdiri dari beberapa tipe, ukuran dan jenis yang berbeda.

"Banyak pilihan audio canggih dari berbagai merk. Sebagai bahan pertimbangan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar mendapatkan produk audio atau speaker mobil dengan kualitas terbaik," kata Edward saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Edward menjelaskan, audio mobil itu terbagi dalam dua jenis. Pertama adalah speaker model full-range yang memproduksi audio dalam satu wadah. Kedua, komponen speaker yang terdiri dari midbass, tweeter serta woofer.

"Dalam memilih sebuah speaker perlu diperhatikan speaker sensitivity yang digunakan untuk mengukur bagaimana mencari amplifier yang cocok. Semakin tinggi nilai sensitivitas, semakin keras suara yang dihasilkan speaker," kata Edward.

"Kalau ingin mendapatkan kualitas suara terbaik, pakailah komponen speaker. Tetapi, perlu proses instalasi yang lebih profesional, sebab jumlah speakernya biasanya lebih banyak," sambung dia.

Kemudian hal yang harus dipertimbangkan saat membeli audio ialah penanganan daya (Power Handling) yang memungkinkan pemilik mobil mengetahui seberapa besar amplifier yang diperlukan. Jumlah daya biasanya diukur dalam satuan watt.

"Perlu diperhatikan, speaker dengan kualitas terbaik, biasanya memiliki daya power amplifier antara 50 hingga 75 watt. Speaker mungkin akan rusak jika memiliki daya amplifier yang berlebihan," kata Edward.

Artinya, pilihlah power amplifier audio mobil yang sesuai dengan kemampuan speaker. Banyak terjadi kesalahan fatal dalam memadukan antara kemampuan power amplifier dengan speaker tidak berimbang, sehingga mengakibatkan sistem audio mobil tidak maksimal. (mg9/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...