Perhatikan Boks Subwoofer Biar Suara Musik di Mobil Akurat

Perhatikan Boks Subwoofer Biar Suara Musik di Mobil Akurat
Ilustrasi boks subwoofer. (Foto: Ist for JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Meningkatkan suara musik di dalam kabin mobil tentu banyak cara, seperti membuat tambahan boks subwoofer atau menambah komponen audio aftermarket.

Karena menurut salah satu modifikator audio mobil, dengan penggantian boks subwoofer maka suara musik yang keluar dari speaker bisa lebih akurat untuk melengkapi tinggi lagu. Termasuk menambah komponen penunjang seperti amplifier.

Namun terkadang banyak sebagian pengguna masih belum paham tentang pemilihan atau pemasangan boks subwoofer agar lebih tahan lama. Bahkan sebagian toko audio atau instalator banyak menyepelekan hal ini akibatnya box subwoofer tidak tahan lama.

Menurut Marketing Director PT Audioworkshop Johnson Nagawan mengatakan, pemilihan boks pada subwoofer harus sesuai agar cara kerjanya tidak maksa.

"Karena ketika boks terlalu kecil kerjanya tidak benar. Sebaliknya begitu kalau boks terlalu besar suara yang dihasilkan juga tidak benar. Jadi keduanya harus seimbang," ujar Johnson kepada JPNN.com beberapa waktu lalu.

Johnson menjelaskan, selain subwoofer perhatikan juga amplifier. Kalau bisa keduanya perangkat itu juga harus sama.

"Misalnya subwoofer 1000 watt dan amplifier 500 watt, banyak yang bilang itu sudah aman. Padahal itu salah, kalau amplifier jauh lebih kecil dari subwoofer justru bisa merusak suara musik," imbuhnya.

Johnson menjelaskan, ketika tidak seimbang amplifier tidak bisa bekerja dengan baik yang ada akan membuat kebocoran pada sistem kelistrikan DC yang bisa merusak boks subwoofer.

"Jadi agar lebih tahan lama kalau bisa amplifeir itu harus sekitar 20 persen lebih tinggi dari subwoofer. Misalnya subwoofer 500 watt ya amplifier minimal 500-600 watt. Kalau bisa sama atau lebih besar jadi amplifier kerjanya santai dan tidak membuat subwoofer cepat rusak," pesan Johnson. (mg9/jpnn)


Meningkatkan suara musik di dalam kabin mobil tentu banyak cara, seperti membuat boks subwoofer atau menambah komponen audio aftermarket.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News