Cara Garudafood Tumbuhkan Karakter Kewirausahaan Ibu-ibu

Cara Garudafood Tumbuhkan Karakter Kewirausahaan Ibu-ibu
Dian Astriana Head of Corporate Communication Garudafood (batik merah), Ari Windrayanto Purwito Brand Manager Garudafood (kemeja putih Chocolatos), Purwanto Manager Promosi Garudafood (kemeja cream). Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Puluhan komunitas ibu-ibu yang tergabung dalam program Kampung Wirausaha Chocolatos bisa menikmati hasil kerja kerasnya. Mereka mendapatkan apresiasi dari Garudafood Sehati atas prestasi komunitas yang telah mengikuti program selama enam bulan, sejak Maret 2018 hingga saat ini.

Dian Astriana, Head of Corporate Communication Garudafood mengungkapkan, program "Kampung Wirausaha Chocolatos" dilaksanakan mulai Maret 2018 dengan melibatkan puluhan komunitas ibu-ibu di area Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Tangerang Selatan.

Program ini bertujuan untuk membantu menemukenali potensi yang ada dalam masyarakat, menjalin relasi dengan komunitas, membuka peluang usaha, menanamkan semangat kewirausahaan serta mendorong terciptajnya masyarakat yang lebih produktif.

"Kami mengharapkan program ini memberikan dampak yang positif bagi ibu-ibu," ujar Dian, Senin (17/9).

Selain dari sisi finansial, lanjutnya, diharapkan sedikit demi sedikit menumbuhkan karakter kewirausahaan, seperti kreativitas, kemandirian, strategi pemasaran, penghitungan faktor risiko hingga membuat laporan keuangan.

Kriteria penilaian program ini meliputi strategi pemasaran produk, kekompakan kelompok serta kelengkapan laporan keuangan. Selain memberikan modal awal, Garudafood Sehati memberikan berbagai macam pelatihan seperti pelatihan dasar-dasar pemasaran, pengenalan produk hingga penulisan laporan keuangan sederhana.

"Selama kompetisi, kami juga mengadakan focus group discussion sebagai sarana untuk sharing pengalaman dan tips yang dapat digunakan oleh peserta," ucapnya.

Program ini merupakan salah satu program Corporate Sosial Responsibility (CSR) GarudaFood Sehati yang fokus pada pilar pemberdayaan masyarakat.

Apresiasi berupa tambahan modal usaha kepada pemenang tengah tahun (Mid Year) program Kampung Wirausaha Chocolatos 2018 di Tangerang Selatan (17/9).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News