Cara Gibran Berkampanye Ini Pantas Ditiru Seluruh Calon Wali Kota di Pilkada 2020

Cara Gibran Berkampanye Ini Pantas Ditiru Seluruh Calon Wali Kota di Pilkada 2020
Kampanye blusukan online Gibran-Teguh di Pilkada Solo. Foto: Instagram gibran_rakabuming

jpnn.com, SOLO - Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing menilai kampanye daring yang dilakukan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa cukup pantas ditiru oleh calon kepala daerah lain di Pilkada 2020.

Pada hari pertama kampanye pada Sabtu (26/9), Gibran-Teguh blusukan daring di Kampung Bonorejo, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

“Gibran membuat persoalan Covid-19 ini menjadi peluang dengan ide dan gagasan yang baru dan inovatif. Kalau bisa, hal ini (kampanye daring) dilakukan oleh semua paslon pilkada,” kata Emrus, seperti dilansir kantor berita politik RMOL, Minggu (27/9).

Emrus menyatakan, pada prinsipnya blusukan adalah upaya untuk menyerap aspirasi dan permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

"Hasil blusukan virtual itu, kandidat bisa secara langsung mendengar, menampung dan mengolah semua informasi menjadi suatu program yang dijanjikan,” kata Emrus.

Dia menambahkan, saat blusukan virtual, masyarakat bisa langsung mendapatkan jawaban dari paslon terhadap semua pertanyaan yang disampaikan.

Cara ini dinilai efektif untuk calon wali kota, melainkan belum tentu efektif bagi calon bupati untuk kampanye di kawasan pedesaan yang minim akses internet.

Pakar komunikasi politik menilai apa yang dilakukan Gibran itu layak ditiru oleh para cawali di Pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News