Cara Polisi India Awasi Pergerakan Warganya

Cara Polisi India Awasi Pergerakan Warganya
Polisi India Menggunakan Robot Untuk memperingati warganya agar tetap di rumah. Foto: NDTV

jpnn.com, JAKARTA - India telah memperpanjang masa lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) hingga 17 Mei 2020 mendatang. Pemerintah setempat pun mengumumkan zona merah penyebaran virus itu, pengawasan pun diperketat.

Dalam upaya agar virus tidak terus meluas, pemerintah pun melakukan berbagai cara. Salah satunya ialah menggunakan robot.

Polisi India baru-baru ini menggunakan robot rover beroda empat untuk mengawasi warganya. Robot itu digunakan oleh polisi di daerah Chennai.

Dikutip dari laman Cartoq, Jumat (8/5), dinamakan sebagai Robot Corp LD, kendaraan khusus ini dapat dikontrol dari jarak jauh maksimal 1 km. Robot itu dilengkapi dengan fitur teknologi mutakhir yang memungkinkan polisi memantau hingga menegur warga yang bandel sampai ke gang sempit di negara itu dengan jarak aman.

Robot tersebut dilengkapi kamera interkom dua arah dan layar LED yang dapat memberikan informasi apapun terkait lockdown yang berlaku. Sebuah video terkait pengeoperasian robot itu pun beredar di publik.

Dalam video tersebut, Polisi Chennai memblokir akses masuk sebuah gang sempit dan mengoperasikan robot ini dari luar gang. Robot itu pun terlihat lincah bermanuver di gang diiringi pengumuman dari polisi meminta para warga tetap di dalam rumah.

Polisi Chennai tidak memberikan informasi lengkap berapa unit robot itu dioperasikan. Selain itu, mereka juga tidak menyebutkan kapan saja robot itu digunakan. (mg9/jpnn)

India telah memperpanjang masa lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) hingga 17 Mei 2020 mendatang.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News