Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Tidur

Cara Sederhana Tingkatkan Kualitas Tidur
Ilustrasi bangun tidur.

jpnn.com - Membiarkan pintu atau jendela kamar terbuka bisa meningkatkan kualitas tidur.

Sebab, jendela dan pintu terbuka membantu mengurangi tingkat karbon dioksida dan memperbaiki aliran ventilasi dan udara yang terkait dengan kualitas tidur yang lebih baik.

"Kita menghabiskan hampir sepertiga dari kehidupan kita di lingkungan kamar tidur, tapi kualitas udara di lingkungan tidur sering diabaikan," kata penulis studi, Dr. Asit Mishra dari Eindhoven University of Technology, seperti dilansir laman India Times, Selasa (2/1).

"Bayangkan ini, Anda berada dalam ruang tertutup dan memiliki kemampuan terbatas untuk menyesuaikan situasi (karena Anda tertidur) saat Anda mungkin di kelilingi oleh polutan," tambah Mishra.

Untuk mengukur kualitas tidur, peserta penelitian memakai ban lengan yang mengukur suhu kulit, fluks panas, suhu tempat tidur dan tingkat kelembaban kulit.

Mereka juga memakai sensor yang melacak gerakan di malam hari, termasuk indikasi kegelisahan.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Indoor Air menemukan bahwa lingkungan tertutup memang cenderung kurang memiliki kebisingan latar belakang, namun juga memiliki tingkat karbon dioksida yang jauh lebih tinggi yang mengindikasikan tingkat ventilasi lebih rendah.

"Kualitas tidur dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kesehatan, keadaan emosional, kondisi tidur dan kondisi lingkungan yang berbeda, termasuk tingkat kebisingan dan suhu," kata Dr. Nuno Canha dari University of Lisbon di Portugal.

Bayangkan ini, Anda berada dalam ruang tertutup dan memiliki kemampuan terbatas untuk menyesuaikan situasi dan di kelilingi oleh polutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News